PSIS Semarang vs Persib Bandung

Duel Pembuktian

16

JATENGPOS.CO.ID, SLEMAN – Duel seru bakal kembali tersaji dalam lanjutan BRI Liga 1 2021-22. Kali ini, tim yang akan bertarung adalah PSIS Semarang vs Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (26/10/2021) petang pukul 18:30 WIB, disiarkan langsung Indosiar dan live streaming Vidio.

Laga ini cukup istimewa karena mempertemukan kedua tim yang sama-sama belum terkalahkan di kompetisi. Dari delapan laga, PSIS meraih lima kemenangan dan tiga seri. Sedangkan Persib empat kali menang dan empat imbang.

PSIS ada di peringkat kedua klasemen sementara dengan 18 poin. Sementara itu, Persib ada di peringkat ketiga dengan 16 poin. Siapa yang menang dalam pertemuan nanti berpeluang besar menggulingkan Bhayangkara FC sebagai pemuncak klasemen sementara.

Selain itu, kemenangan juga akan menambah panjang rekor tak terkalahkan yang dimiliki kedua tim. Namun, hasil imbang juga akan membuat keduanya tetap tak terkalahkan. Hanya saja, mereka tak akan bisa menggeser Bhayangkara FC.

Dari segi komposisi pemain, Persib jelas jauh lebih unggul atas PSIS. Namun, soal pencapaian di kompetisi, Laskar Mahesa Jenar jauh lebih baik. Ini jelas terlihat dari hasil yang diraih dan posisi di klasemen.

PSIS dalam posisi lebih diuntungkan karena dalam tiga laga terakhir meraih kemenangan. Sedangkan Maung Bandung meraih kemenangan dalam dua laga terakhir setelah sebelumnya imbang dalam laga beruntun.

Kemenangan yang diraih kedua tim jelas jadi modal positif untuk pertandingan nanti. Sebab, para pemain sedang dalam motivasi tinggi dan pastinya ingin melanjutkan tren kemenangan. Semangat para pemain akan jadi modal tambahan dalam pertarungan. Namun, strategi kedua pelatih jelas akan diuji.

Pertemuan kedua tim juga akan membuktikan lini belakang dan lini depan siapa yang lebih tangguh. Sebab, kedua tim sama-sama punya pertahanan apik. Dari delapan laga, PSIS baru kebobolan lima gol, sedangkan Persib enam gol.

Dari sisi produktivitas, kedua tim juga tergolong sama-sama produktif. PSIS sudah mencetak 13 gol dan Persib mengoleksi 12 gol. Namun, PSIS jauh lebih konsisten ketimbang Persib.

PSIS memiliki catatan hanya dua laga dimana mereka tak bisa mencetak gol. Namun, PSIS bisa mencetak tiga gol dalam tiga laga yang pernah dijalani, yaitu 3-1 melawan Persiraja Banda Aceh, 3-2 melawan Persebaya Surabaya, dan 3-0 melawan Persik Kediri.

Sebaliknya, Persib hanya melalui dua laga tanpa mencetak gol. Namun, kemenangan yang diraih lebih banyak dengan skor tipis. satu-satunya kemenangan meyakinkan hanya diraih dalam dua laga terakhir, yaitu 2-0 melawan Bhayangkara FC dan 4-2 menghadapi PS Sleman (PSS).

Melihat koleksi gol dan kebobolan kedua tim, pertarungan nanti jelas akan jadi pembuktian siapa yang lebih baik. Lini depan kedua tim akan sama-sama diuji pertahanan tangguh lawan. Hanya saja, Persib sedang berada dalam dua sisi berbeda. Di satu sisi, lini depan Persib membaik dalam dua laga terakhir.

Bahkan, striker sudah bisa mencetak gol setelah cukup lama mandul. Wander Luiz mengoleksi dua gol ke gawang PSS dan Ezra Walian mencetak satu gol ke gawang Bhayangkara FC. Geoffrey Castillion pun sudah menciptakan satu assist di laga terakhir Persib.

PSIS sendiri punya pertahanan teruji. Dalam dua laga terakhir, tak satu pun gol bersarang ke gawang Mahesa Jenar. Sehingga, kejelian dan kreativitas barisan penyerangan Persib akan benar-benar diuji kualitasnya.

Sebaliknya, Persib dalam laga terakhirnya memperlihatkan kelemahan di sektor pertahanan. Saat itu, dua gol PSS bermula dari kesalahan fatal pemain belakang. Ini bisa jadi celah bagi PSIS menjungkalkan Persib. Sebab, sejak awal musim hingga laga terakhir, lini belakang Persib kerap bermasalah dengan konsentrasi dan koordinasi.

Laga kemungkinan akan lebih didominasi Persib Bandung. Itu sesuai dengan karakter permainan Persib yang lebih gemar menguasai jalannya laga. Namun, permasalahan ada pada penyelesaian akhir yang belum sempurna.

Sebaliknya, PSIS juga akan memberi perlawanan sengit. Sesekali mereka akan bermain menunggu dan melancarkan serangan balik cepat mengandalkan sektor sayap. Barisan pemain berkarakter menyerang pun akan jadi ancaman bagi lini belakang Persib yang kerap kehilangan konsentrasi. Hasil akhir diprediksi akan jadi milik PSIS.

Menjelang pertandingan big match, dua pemain PSIS Semarang sudah bergabung dengan tim utama, Finky Pasamba dan Bruno Silva. Mereka tampak sudah mulai latihan bersama tim di Lapangan Telo, Minggu (24/10/2021) pagi.

Kehadiran Finky Pasamba dan Bruno Silva diyakini akan menambah kekuatan Laskar Mahesa Jenar menjelang partai big match pekan kesembilan BRI Liga 1 lawan Persib Bandung. Prediksi skor PSIS Semarang 2 – 1 Persib Bandung. (bola/riz)