PSIS Wajib Menang

PSIS Semarang vs Arema FC Sabtu (21/01/2023) pukul 16:00 WIB Live Indosiar & streaming Vidio.com

Carlos Fortes

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tuan rumah PSIS Semarang bakal melakoni laga sengit saat berhadapan dengan Arema FC pada pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Sabtu (21/01/2023) sore pukul 16:00 WIB, disiarkan langsung Indosiar dan live streaming Vidio.com.

Pertandingan PSIS vs Arema menjadi salah satu sajian menarik dalam lanjutan Liga 1 2023 akhir pekan ini. Laskar Mahesa Jenar (23 poin) berpeluang menyamai catatan milik Singo Edan (26 poin) jika mampu mengamankan kemenangan di kandang sendiri.

Namun, berdasarkan data head to head (H2H), PSIS mempunyai rekor buruk saat bertemu Arema. Mampukah Laskar Mahesa Jenar mengakhiri tren negatif tersebut?
Arema kerap tampil digdaya saat meladeni PSIS. Di 5 pertemuan terakhir, Tim Singo Edan tampil tak terkalahkan melawan Mahesa Jenar. Klub asal Malang itu mengemas 3 kemenangan dan 2 kali imbang. Bahkan, gawang Arema hanya kebobolan maksimal 1 kali di tiap pertandingan tersebut.

Namun, Dedik Setiawan dan kawan-kawan butuh motivasi tambahan saat bertandang ke markas PSIS kali ini. Sebab, tim yang ditukangi Javier Roca itu melalui 2 laga terakhirnya di Liga 1 dengan kekalahan. Akhir Desember 2022 lalu, Arema tumbang 0-2 melawan Madura United dan kemudian kalah 0-1 dari Bhayangkara FC.

Jika tidak ingin terus mengalami penurunan peringkat di klasemen Liga 1, Arema harus berupaya bangkit dan meraih 3 poin. Meski punya tabungan 1 laga, penghuni peringkat 7 itu hanya unggul 1 angka atas 2 tim di bawahnya, Persebaya dan Persita.

Namun, tuan rumah juga mengusung ambisi yang sama. Tambahan 3 poin sangat berarti bagi tim Mahesa Jenar yang kini menempati peringkat 10 dengan 23 poin dari 18 laga. Bermain di kandang sekaligus kesempatan bagi PSIS untuk memangkas jarak dengan tim-tim penghuni pos 5 besar.

Skuad PSIS tentu tidak ingin kehilangan muka di depan pendukung setianya. Kemenangan PSIS di laga terakhir, yakni 0-1 atas Rans, dapat menjadi bekal pemompa semangat Taisei Marukawa dan kawan-kawan. Hasil laga di markas Rans itu merupakan angin segar bagi Mahesa Jenar mengingat mereka sebelumnya menelan 3 kekalahan beruntun.

“Syukur alhamdulillah, kami berhasil meraih poin penuh sesuai rencana awal,” kata Muhammad Ridwan, caretaker pelatih PSIS, dikutip dari situs resmi klubnya.

“Persiapan yang maksimal membuahkan hasil yang diinginkan. Hingga pertandingan berakhir, para pemain tidak ada yang mengalami cedera. Hal tersebut juga sangat penting, di mana para pemain masih bisa bermain di laga berikutnya,” sambung eks penggawa Pelita Jaya, Sriwijaya, Persib, dan PSIS itu.

Dengan kondisi tim yang sedang membaik, PSIS berpeluang memanfaatkan laga kandang ini untuk meraih poin sempurna. Tantangan berat bagi tuan rumah adalah mematahkan rekor tidak pernah menang atas Arema dalam 5 pertemuan terkini.

PSIS mengalahkan RANS Nusantara FC pada laga pekan ke-18 lalu, dengan skor 1-0 lewat gol Carlos Fortes. Hasil ini mengakhiri periode buruk PSIS yang sempat kalah dan gagal mencetak gol pada tiga laga beruntun.

PSIS bakal berharap banyak pada Carlos Fortes. Dia sudah pulih dari cedera dan baru saja mendapat gol pertamanya. Fortes diharapkan bisa mencetak gol kala bersua sang mantan tim.

Dedik Setiawan

Di kubu Arema FC, mereka tak memainkan laga pekan ke-18 karena alasan teknis. Singo Edan diyakini bakal tetap solid seperti paruh pertama lalu. Sebab, tak banyak perubahan pemain yang terjadi di skuad besutan Javier Roca tersebut.

Pada pertemuan pertama lalu, Arema FC mampu mengalahkan PSIS dengan skor 2-1. Sempat tertinggal dari gol Taise Marukawan, Singo Edan membalas lewat gol Ilham Udin dan Sergio Silva. Arema FC tak pernah kalah pada lima laga terakhir lawan PSIS.

Dalam pertandingan lawan Arema ini, Mahesa Jenar sudah melakukan sejumlah evaluasi pasca lawan Rans Nusantara. Caretaker PSIS M Ridwan mengakui dalam laga Rans, Senin lalu dia banyak mengubah komposisi pemain khususnya dengan menurunkan para pemain baru.

Namun berkaitan dengan komposisi starting line up, Ridwan punya pertimbangan tersendiri bersama tim pelatih.

“Dalam menentukan starting line up itu variablenya ada banyak. Jadi melihat bagaimana karakteristik lawan yang disesuaikan dengan kemampuan pemain kita. Kedua kebugaran yang kaitannya dengan rotasi kemudian, injury player lalu kemudian akumulasi. Pertimbangan-pertimbangan itu yang nantinya akan kami lihat,” paparnya usai latihan PSIS, Kamis 19 Januari 2023.

Sedangkan untuk persiapan lawan Arema, dia mengaku sudah melakukan banyak analisa. “Kita melihatnya putaran pertama. Dasar kita di pertandingan terakhir mereka dan untuk saat ini memang belum tahu, ada pemain baru juga belum tahu,” ujar Ridwan.

Selain itu, dia mengungkapkan kemungkinan besar, dia akan mengubah kembali komposisi starting line up merujuk dari berbagai pertimbangan yang dia sebutkan tadi. “Nantinya mungkin bakal ada perubahan komposisi tapi di pos-pos mana saja belum bisa saya sebutkan. Tapi pergantian itu memungkinkan terjadi,” sambungnya.

Sedangkan dari Carlos Fortes, Arema FC nanti akan jadi spesial baginya karena menghadapi mantan timnya. Namun sekarang yang harus dia lakukan adalah fokus dan memberi kemenangan untuk PSIS. “Bertemu Arema selalu spesial karena mereka bekas tim saya. Tapi lebih dari itu kami ingin menang dan meraih 3 poin,” pungkasnya. Prediksi skor PSIS Semarang 2 – 1 Arema FC. (ito/riz)

Prediksi Pemain
PSIS Semarang (4-2-3-1) : Wahyu Tri Nugroho; Riyan Ardiansyah, Kartika Vedhayanto, Wahyu Prasetyo, Fredyan Wahyu; Delvin Rumbino, Ridho Syuhada; Taisei Marukawa, Wawan Febriyanto, Hari Nur Yulianto; Carlos Fortes. Pelatih : Muhammad Ridwan (Caretaker).
Arema FC (4-3-3) : Adilson Maringa; Rizky Dwi Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Johan Ahmat Farisi; Rensi Yamaguchi, Jayus Hariono, Evan Dimas; Ilham Udin, Adam Alis, Dedik Setiawan. Pelatih : Javier Roca.