Beranda Jateng Solo PT KAI Bangun Masjid Dua Lantai di Stasiun Balapan

PT KAI Bangun Masjid Dua Lantai di Stasiun Balapan

6
Dirut PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo; Komisaris PT KAI (Persero) Riza Primadi; Sekda Kota Solo, Ahyani beserta jajaran Direksi PT KAI secara simbolis meletakkan batu pertama pembangunan masjid Stasiun Solo Balapan. Foto : Putri Wijayanti/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun masjid dua lantai di lahan area parkir Stasiun Solo Balapan. Hal tersebut merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan negara tersebut untuk mengembangkan stasiun induk yang ada di kota bengawan.

Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya berencana mengembangkan lima stasiun utama yang ada di Tanah Air. Salah satunya Solo Balapan. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan penumpang yang semakin banyak setiap tahunnya.

“Salah satu pengembangan kami adalah menambah fasilitas yang bermanfaat bagi penumpang maupun masyarakat sekitar. Salah satunya dengan pembangunan masjid ini, sehingga diharapkan stasiun dapat menjadi tempat yang bermanfaat bagi masyarakat, tidak hanya di bidang transportasi. Kami berharap masjid ini akan menjadi oase pendingin bagi Kota Solo,” ujarnya.

Ia menambahkan, PT KAI berkomitmen untuk melengkapi program pembangunan Kota Solo sesuai dengan bidangnya. Karena itu, inovasi pun selalu dihadirkan untuk makin memudahkan mobilitas masyarakat Solo.

“Termasuk dengan adanya kereta komuter, sehingga makin mengintegrasikan Kota Solo dengan daerah di sekitarnya, baik Jogjakarta maupun Madiun. Hal ini akan menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan di Kota Solo khususnya di masa pandemi,” jelasnya.

Sementara itu, Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Asdo Atrivianto mengatakan, bangunan masjid dua lantai tersebut dibangun di atas lahan seluas 700 meter persegi dengan luas bangunan 735 meter persegi. Dan akan dibangun selama enam bulan.

“Masjid ini memiliki kapasitas 600 jamaah dengan dilengkapi sejumlah fasilitas, diantaranya pedestrian, taman, kamar mandi dan tempat wudhu baik pria maupun wanita, menara, loker, ruang alat, dan ruang serbaguna,” paparnya. (jay/bis)

capt
Dirut PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo; Komisaris PT KAI (Persero) Riza Primadi; Sekda Kota Solo, Ahyani beserta jajaran Direksi PT KAI secara simbolis meletakkan batu pertama pembangunan masjid Stasiun Solo Balapan.