PT LIB Gelar Simulasi Prokes Piala Menpora di Stadion Manahan Solo

24
Petinggi PT LIB saat mengecek kesiapan dan SOP protokol kesehatan di Stadion Manahan, Jumat (12/3/2021), siang.

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk persiapan pertandingan sepak bola Grup A Piala Menpora 2021 yang bakal digelar di Stadion Manahan Solo, jawa Tengah, mulai 21 Maret mendatang.

“Kami kebetuan sudah mengunjungi keempat stadion termasuk Stadion Manahan Solo Jateng, yang akan digunakan pertandingan Piala Menpora 2021, persiapannya sudah cukup matang,” kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, di sela meninjau kegiatan simulasi Prokes di Stadion Manahan Solo, Jumat.

Ahkmad Hadian Lukita berharap pelaksana Piala Menpora berjalan dengan lancar sesuai harapan. Ia juga meminta dukungan dari semua pihak. “Kami di Stadion Manahan Solo ini, melaksanakan simulasi prokes, di mana saat pembukaan akan digelar di Stadion Manahan Solo ini, pada 21 Maret mendatang,” kata Akhmad Hadian.

Pada laga perdana pembukaan Piala Menpora akan digelar pertandingan antara Arema FC melawan Tira Persikabo, di Stadion Manahan Solo, dan rencana kick off pada pukul 15.15 WIB.

Grup A Piala Menpora yang digelar di Stadion Manahan Solo, awalnya diikuti lima tim, tetapi kemudian menjadi empat tim yakni Arema FC, Tira Persikabo, PSIS Semarang, dan Barito Putra. Sedangkan, Persipura mengundurkan diri dari laga Piala Menpora.

Tiga venue lainnya untuk Piala Menpora adalah Grup B di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Grup C Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, dan Grup D Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pertandingan Piala Menpora bakal dijaga dengan protokol kesehatan ketat sejak tim datang dan masuk hotel hingga di lapangan pertandingan. Panitia penyelenggara membagi empat zona. Zona empat di kawasan halaman parkir atau di luar stadion kemudian zona tiga masuk pintu gerbang stadion hanya ada satu akses masuk kemudian zona kedua kawasan ruang ganti pemain dan zona satu di lapangan pertandingan.

“Pada aturannya orang masuk semua zona harus dilakukan tes usap antigen. Kami akan persiapkan semaksimal mungkin tetap veneu steril dari COVID-19,” katanya.

Dari keempat stadion yang digunakan Piala Menpora zona satu hingga tiga hampir sama semua. tetapi untuk zona empat lain-lain karena luasnya lahan berbeda, bagaimana cara mengamankan akses masuk dari sejumlah penjuru, nanti pihak keamanan yang akan membantu.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menjelaskan persiapan pertandingan Piala Menpora 2021 yang sesuai prokes tersebut sudah disiapkan video dan standar operasional prosedur (SOP)-nya. Ia juga sudah melihat bagaimana pelaksanaan prokes yang digelar oleh PSSI pada pertandingan uji coba Timnas di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu, yang dinilai sempurna.

Hal tersebut, menjadi rujukan panitia untuk pelaksanakan pertandingan Piala Menpora, yang akan dimatangkan. Di Stadion Manahan Solo ini, dilakukan simulasi antara tim medis, Satgas COVID-19, Menpora, termasuk panitia pelaksana lokal yang akan menggelar pertandingan.

“Kami melakukan simulasi prokesnya, nanti kami bagikan ketiga tempat lainnya yang digunakan veneu Piala Menpora yakni Malang, Bandung dan Sleman,” katanya.

Tim pada Grup B antara lain Bhayangkara-Solo FC Borneo FC, Persija Jakarta, PSM Makassar, Grup C yakni Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United, PSS Sleman, dan Persela Lamongan. Sedangkan Grup D yakni Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Persib Bandung, dan Bali United. (fid/ant)