Puncak HUT ke-41 Satpam, Polda Bersama ABUJAPI Launching Aplikasi BIPO

HUT SATPAM: Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Ketua ABUJAPI Jateng Agus nurwijanarko ST, Ketua APSI Heru, dan Pejabat Utama Polda Jateng dalam peringatan HUT ke-41 Satpam. FOTO: MILA JAMILA/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG– HUT ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) 2022 diperingati Polda Jateng bersama Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (BPD ABUJAPI Jateng) dengan memberlakukan protokol kesehatan (prokes) ketat, Rabu (3/2/2022).

Puncak peringatan diadakan tasyakuran di gedung Borobudur Mapolda Jalan Pahlawan no. 1 Semarang, dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan pejabat utama (PJU) Polda bersama Ketua BPD ABUJAPI Jateng, Agus Nurwijanarko ST), serta jajaran APSI (Asosiasi Satpam Indonesia).

Dalam kesempatan ini dilaksanakan lauching program aplikasi Binmas Pelayanan Online (BIPO) yang pertama di Indonesia, juga sosialisasi seragam Satpam oleh Mabes Polri berganti warna krem melalui layar monitor dan secara virtual.

Kapolda Ahmad Luthfi dalam sambutan mengapresiasi peringatan HUT ke-41 Satpam sebagai tolak ukur penghargaan kepada seluruh Satpam di Jateng berjumlah sekitar 30 ribu.

“Jumlah Satpam di Jateng hampir sama jumlah anggota polisi di jajaran Polda Jateng yang berjumlah 36 ribu dari jumlah penduduk Jateng sekitar 36 juta. Hal ini sangat membantu sekali dalam pemswakarsa,” ujar Kapolda.

Kapolda memberikan apresiasi penghargaan dan reward kepada seluruh anggota Satpam yang berjasa menjaga kamtibmas di seluruh wilayah Jateng.

Dirbinmas Polda Jateng Kombes Pol Lafri turut mendampingi Kapolda menyampaikan, bahwa bagian amanah program prioritas dari Polri yang kelima yakni meningkatkan pelayanan kepada publik, salah satunya Dirbinmas menggandeng ABUJAPI Jateng dan APSI Jateng.

“Melalui aplikasi pelayanan BIPO seluruh anggota Satpam dan jasa keamanan, serta para BUJP dapat terlayani dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat yang mudah, cepat dan akurat,” ujar Kombes Lafri.

Layanan online ini, lanjut Kombes Lafri, melayani seputar info tentang layanan online dan sistem, layanan pengguna KTA khusus Satpam, layanan remeder KTA, dan operasional BUJP, serta pendataan satpam dan BUJP.

Satpam berprestasi mendapatkan penghargaan tropi dan piagam dari Kapolda Jateng dalam peringatan HUT ke-41 Satpam di Mapolda, Rabu. (3/2/2022).FOTO: MILA JAMILA/JATENGPOS

Ketua BPD ABUJAPI Jateng Agus Nurwijanarko mewakili BUJP mengatakan, hampir 200 perusahaan jasa pengamanan dengan adanya BIPO sangat terbantu pelayanan.

Memudahkan saat mengajuan permohonan ijin maupun ijin operasi, begitu juga Satpam sangat terbantu saat mengajukan perpanjangan KTA.

“Kami sangat mengapresiasi layanan dari Dirbinmas Polda Jateng sangat luar biasa, baru kali ini diadakan launching Layanan BIPO yang perdana di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Ketua APSI Jateng, Heru menambahkan, sebagai garda terdepan dengan meningkatkan pelayanan Satpam memotivasi mereka turut serta menyukseskan program pemerintah.

“Sebagai percontohan yang bagus apalagi dalam menangani Covid-19, Satpam berperan serta melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” tandasnya. (mil/biz/muz)