Pura Mangkunegaran Siap Jadi Lokasi Milad 106 Muhammadiyah

Kesiapan Milad Muhammadiyah di Puri Mangkunegaran. Foto : Ade Ujianingish

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Peringatan Milad ke 106 Muhammadiyah akan dipusatkan di Kota Solo, Minggu (18/11), di Pura Mangkunegaran Solo. Wakil Presiden Jusuf Kala bersama sejumlah Menteri dijadwalkan hadir bersama 10 ribu warga Muhammadiyah se Indonesia.

Sejumlah persiapan sudah dikebut panitia, termasuk pengisi acara, venue lokasi dan teknis lainnya.

“Persiapan untuk puncak Milad 106 Muhammadiyah sudah mencapai 85 persen. Pengisi acara, kepanitiaan dan teknis lainnya.” kata Bambang Sukoco,
Sekretaris Milad ke 106 Muhammadiyah, ditemui saat latihan karawitan, di Balai Muhammadiyah, Jumat (16/11).

Pemilihan lokasi Pura Mangkunegaran sebagai tempat Milad, Bambang menjelaskan bahwa ingin mengembalikan history Muhammadiyah, dimana waktu itu Ahmad Dahlan akrab dengan keraton, dalam hal ini kerabat Mangkunegaran waktu itu.

“Milad tahun ini kami mengusung tema Ta’awun Untuk Negeri, dengan konsep khidmad, kita merefleksi kondisi banga yang terkena bencana. Ada film pendek yang menggambarkan peran Muhammadiyah dari masa ke masa,” imbuh Bambang.

Dalam milad akan menampilkan seni Islam, karawitan warga muhammadiyah PDM Solo raya, seni kolaborasi pangkur jawa modern, musisi Ebiet G Ade dan pemutaran film dokumenter aksi kepedulian Muhammadiyah.

“Puncak milad Jusuf Kala, yang akan mendapat penganugerahan gelar sebagai tokoh yang peduli dakwah Muhammadiyah,” tandasnya.

Selain Jusuf Kala, direncanakan akan dihadiri lima menteri juga mengundang seluruh gubernur se Indonesia, pengurus inti PMW se Indonesia dan warga Muhammadiyah. (drh/ant)