Raffendie, Selebgram Sukses Reviewer Hospitality.

19
Reviewer : Raffendie tengah pose disalah satu venue food n beverege usai mereview salah satu hotel berkelas. FOTO : DOK/JATENG POS.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Maraknya hotel reviewer atau sering disebut selebgram hotel yang semakin hari jumlahnya terus bertambah dan bahkan banyak yang sangat serius menekuni bidang ini, tak membuat reviewer hotel senior ” Raffendie ” di balik akunya @hotelhunter_indonesia merasa punya banyak pesaing.

Raffendie, Justru senang passionnya mengulas hotel yg di lakukan dari tahun 2011 dulu kini banyak yang menekuni. Ia, sadar betul reviewer hotel kekinian mempunyai bekal dan bakat yg lebih mumpuni ketimbang jamanya dahulu.

“Anak – anak jaman now jauh lebih kreatif dan energik dengan gadget yang semakin canggih dulu dia sekedar hobby, menginap dari hotel ke hotel (ketika itu istilah staycation belum booming) selain untuk kepentingan bisnis trip  kadang sering kali hanya sekedar menghabiskan waktu seharian, bahkan berhari-hari di hotel,  dengan gadget seperlunya”,ujarnya.

Atas intesitasnya yang cukup sering, Raffendie akhirnya memutuskan join beberapa member “chain hotel” hingga mencapai platinum member dan sempat dipertahankan kurang lebih hingga 5 tahun.

“Dulu awalnya mengoleksi member tujuannya biar dapet banyak benefit extra dan harga lebih terjangkau, namun sekarang dia boleh tertawa lega, kalau dulu saya menginap di hotel harus rela merogoh kocek yang cukup dalam, sekarang bisa jadi sebaliknya, menginap dan bahkan di bayar”, tukasnya.

Dari situlah dia mulai exist mereview hotel secara serius, di samping kesibukannya sebagai enterpreneur dibidang FnB dan publisher

hanya saja ketika itu platform instagram belum tersedia sehingga Fendie, sapaan akrabnya memulai mereview hotel lewat karya tulis/buku yang hingga sekarang masih bisa di dapatkan di beberepa toko buku/gramedia. Hingga kini raffendie menulis lebih dari 14 judul buku bertema hobby dan lifestyle beberapa di antaranya tentang hotel directory.

” Saya Mengawali karier mengulas hotel dr real stayer untu lebih peka dan kritis memberikan berbagai input pada hotel, tentunya hal ini bertujuan untuk membatu hotel mengevaluasi dalam hal pelayanan hospitality, biar para tamu merasakan stay experience yang berkesan”, imbuh Raffendie.

Akun @hotelhunter_indonesia pun baru terbentuk di awal tahun 2014, setelah platform tersebut tersedia raffendie mulai konsisten memposting album2 staycationnya dengan apik berisi review hotel di berbagai belahan bumi, baik diindonesia/mancanegara

ketika itu nama awal user id instagram adalah @hotelhunter_update dan berganti @hotelhunter_indonesia di tahun 2017.

” Di dalam @hotelhunter_indonesia ambil peluang mengadakan private class/seminar secara aktif dengan tema cara instant menjadi hotel reviewer with @hotelhunter_indonesia tidak di sangka animonya sangat bagus di berbagai kota dan akhirnya di adakan secara reguler pesertanya bahkan sudah mencapai ratusan dari pvt class angkatan pertama”, terang Raffendie.

Pesertanya datang dari berbagai kota baik jogja, jakarta, semarang, surabaya, bandung maupun bali. Profesinya pun bermacam macam mulai dari mahasiswa, bangker, traveler, markom, pengusaha hingga general manager hotel, gambaran pvt class HHI bisa di intip di IG @privateclasshhi”, terang Reffandie.

Di tahun 2019 @hotelhunter_indonesia bikin management hotel reviewer namanya @hhimanagement para peserta/membernya adalah para lulusan terbaik dari private class HHI di semua angkatan.

Tentunya untuk bisa masuk ke management HHI melalui screening yang cukup ketat dan harus mempunyai visi misi yg sama dengan HHI, untuk detail dan syarat masuk menjadi member bisa DM @hhimanagement atau check di official website hhi www.hhiofficial.com . (ucl)