Ratusan Guru Ikuti Pelatihan Menulis Sangpengajar.com

9
ANTUSIAS: Ratusan guru mengikuti pelatihan menulis artikel secara daring yang digelar Sangpengajar.com kerjasama Jateng Pos dan Kelas Literasi Guru (KLG) Jateng. Foto: ist for jatengpos

JATENGPOS.CO.ID, WONOGIRI –  Gebrakan menulis guru terus dilakukan Sangpengajar.com bekerjasama dengan Jateng Pos dan KLG (Kelas Literasi Guru) Jateng.

Acara yang digelar secara daring memanfaatkan Teams tersebut dilaksanakan Minggu ( 19/9- 26/9/2021). Pelatihan tahap-28 diikuti 170an guru dari semua jenjang.

Hadir secara virtual Direktur Jateng Pos Bejan Syahidan, narasumber Tukijo dan owner SangPengajar.com Agus Dwianto.

Kali ini Bejan Syahidan meski hadir secara daring namun memberikan dukungan yang luar biasa. Banyak hal yang disampaikan kepada peserta. Mulai dari gerakan literasi hingga cara menulis di media massa.

“Kami, dari Jateng Pos menyambut baik kegiatan ini, terutama kepada SangPengajar dan KLG Jateng. Para peserta akan dibimbing menulis di koran. Selama ini menulis di koran belum banyak dilakukan guru,”ujar Bejan.

Sementara itu Tukijo yang juga penulis buku memaparkan teknik jurnalistik, teknik penulisan artikel, hingga metode swasunting.

Menurutnya menulis di media massa itu membutuhkan topik yang booming di masyarakat. Penulis bisa membidik melalui teori atau perspektif tertentu. Tentu saja menurutnyta harus dilandasi teori yang relevan.

“Untuk menulis di koran, kita harus bisa menangkap ide yang lagi ramai di masyarakat. Jangan lupa banyak membaca literatur,”ungkap Tukijo di sela paparannya.

Sementara itu, Agus Dwianto, owner SangPengajar.com menegaskan setiap kali pelatihan, peserta yang ikut ratusan.

Hal tersebut menurutnya menjadi bukti bahwa kegiatan pelatihan menulis benar-benar menjadi kebutuhan para guru.

Para guru membutuhkan dukungan dan fasilitas untuk memublikasi karya tulisnya.

Ratusan guru tampak fokus menyimak paparan. Sesekali pertanyaan interaktif disampaikan peserta. Cukup menarik, jawaban dari narasumber diberikan secara detail dan jelas. Nantinya artikel peserta akan diterbitkan di Jateng Pos setiap hari. Peserta akan mendapatkan kiriman koran. Bukti koran tersebut dikliping untuk disertakan di berkas PAk tahunan. (tkj/jan)