Ratusan Guru Semangat Ikuti Pelatihan Menulis

SEMANGAT : Ratusan guru dari berbagai kecamatan di Kabupaten Grobogan mengikuti pelatihan menulis artikel ilmiah populer di media massa.

JATENGPOS.CO.ID, PURWODADI – Ratusan guru dari semua jenjang mulai SD hingga SMA nampak memadati meeting room Grand Master Purwodadi Grobogan Minggu (9/2).Mereka yang hadir dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah tersebut untuk mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah populer di media massa.

Saat ditemui disela-sela pelatihan penanggungjawab MGMP, Nur Kholis,S.Pd menyatakan apresiasinya terhadap MGMP IPA yang telah menyelenggarakan kegiatan dengan sukss.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini yang sudah berjalan kali keempat dan konsisten terus dilaksanakan.” katanya.

Dia menjelaskan para guru terbantu dengan kegiatan ini meskipun mereka membayar sendiri atau swadaya.

“Sikap guru seperti ini patut diapresiasi. Harapan kami semua peserta mau menulis di koran,” ujar Nur Kholis dalam sambutannya.

MGMP IPA Rayon Kabupaten Grobogan yang menggawangi pelatihan yang dihadiri penanggungjawab MGMP, pengurus MGMP, pimpinan Kelas Literasi Guru (KLG) Jateng serta direktur Jateng Pos Bejan Syahidan.

Antusias peserta tak lepas dari tingginya kebutuhan angka kredit guru. Sesuai Permen PAN dan RB nomor 16 tahun 2009, guru sebagai tenaga fungsional harus mengumpulkan angka kredit agar bisa naik pangkat.


Sementara itu Lilik Rahmawati ,MPd ketua panitia kegiatan menyampaikan jumlah peserta pelatihan 240 orang. Seluruh biaya kegiatan merupakan swadaya guru. Lebih lanjut Lilik berharap para peserta mau menulis semuanya.

Lilik yang juga ketua MGMP IPA juga memaparkan PKG pola 360 derajat. Dalam penilaian PKH terbaru kehadiran guru diperhitungkan. Sementara itu Tukijo yang membimbing praktik menulis judul artikel mengaku senang dengan semangat peserta.

Menurut Tukijo yang juga penulis buku di Erlangga membimlbing peserta mengembangkan intro. Intro menjadi bagian vital agar pembaca tertarik. Pada sesi inti pelatihan, Tukijo dari KLG Jateng memantik terkait teknik menulis artikel populer di media massa.

Pada prinsipnya publikasi ilmiah menjadi kebutuhan para guru agar naik pangkat. Senada dengan Tukijo maka Bejan Syahidan menguatkan bahwa artikel harus terkait pembelajaran. Menurut Bejan, keterampilan menulis bisa dimiliki siapapun.

Termasuk para guru yang sudah 3 tahun ikut pelatihan bersama Jateng Pos. Karya berupa artikel tersebut akan diterbitkan di Jateng pos setiap hari. Untuk pelaporannya artikel harus dikliping dan kliping artikel disertai surat keterangan dari media untuk diajukan dalam berkas PAK tahunan.

Sementara itu pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan peserta. Untuk menulis artikel yang baik perlu latihan dan ketekunan. Para peserta bergegas menulis dengan bimbingan nara sumber. (*/yet)