Ratusan Siswa Prajurit Semata PK TNI-AU Ikuti Latganda 2019

JATENGPOS.CO.ID, Surakarta – Ratusan siswa prajurit Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier (Semata PK) TNI Angkatan Udara Angkatan Ke-77 mengikuti Latihan Berganda (Latganda) 2019, di Kabupaten Wonogiri Jateng dan Pacitan Jatim, mulai tanggal 19 hingga 29 Agustus mendatang.

Upacara pembukaan Latganda 2019 Semata PK TNI AU Angkatan Ke-77 tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb. Adrian P. Damanik, yang digelar di Lapangan Satriya Yudha Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo Surakarta, Senin.

Menurut Danlanud Adi Soemarmo, kegiatan Latganda siswa Semata PK TNI AU Angkatan Ke-77 2019, diikuti sebanyak 407 siswa, dan akan berlangsung selama 11 hari. Kegiatan Latganda digelar di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Wonogiri Jateng, dan Pacitan Jawa Timur.

Danlanud mengatakan, kegiatan latihan praktis yang akan berlangsung selama 11 hari ke depan tersebut merupakan puncak dari pelajaran teori dan praktek kemiliteran yang telah diberikan kepada para siswa.

“Kegiatan Latganda itu bertujuan agar para siswa menjadi prajurit-prajurit TNI AU yang profesional, militan, dan inovatif dalam melaksanakan tugas,” kata Danlanud.

Latihan tersebut, kata Adrian, juga untuk mengetahui tingkat kemampuan dan ketrampilan para siswa dalam mengaplikasikan berbagai materi pelajaran yang telah diterima selama pendidikan, untuk dipraktekkan pada medan yang mendekati sebenarnya.

Danlanud mengatakan, untuk memperoleh hasil maksimal dari latihan berganda tersebut, para siswa agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat, patuhilah semua prosedur yang berlaku dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan selama mengikuti latihan berganda ini.

Kolonel Adrian mengatakan, komandan latihan, para instruktur, pelatih, dan pendukung agar selalu memperhatikan serta mengutamakan faktor keselamatan serta keamanan baik mulai dari pemberangkatan, tiba di daerah latihan, dalam pelaksanaan hingga dengan tiba kembali di markas, agar dapat kembali dalam keadaan aman dan selamat.

Selain itu, lanjut Danlanud, sebagai prajurit Semata PK TNI AU juga agar tetap menjaga nama baik, dan kehormatan kesatuan di daerah latihan karena nantinya di lokasi akan berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya. (fid/ant)