Beranda Jateng Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Lestari Moerdijat Bagikan Ratusan Bibit Buah

Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Lestari Moerdijat Bagikan Ratusan Bibit Buah

13
BAGI BIBIT BUAH: Ketua MPR RI Lestari Moerdijat membagikan ratusan bibit buah di tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Demak, Kudus dan Jepara, pada Sabtu dan Minggu (30 - 31 Mei 2020).

JATENGPOS.CO.ID,  KUDUS – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus rangkaian kegiatan Kundapil Dapil 2 Jawa Tengah, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat membagikan ratusan bibit buah di tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Demak, Kudus dan Jepara, pada Sabtu dan Minggu (30 – 31 Mei 2020). Pembagian bibit buah didampingi oleh tim relawan Sahabat Lestari dari tiga daerah tersebut.

Sebanyak 600 bibit buah didistribusikan di tiga lokasi yakni di Kelurahan Mranggen, RT 01/04 Kecamatan Demak Kabupaten, Demak, Desa Bae Kecamatan Bae, Kudus dan Desa Dermolo Kecamatan Kembang, Jepara. Adapun bibit buah yang dibagikan adalah bibit buah nangka, jambu air, durian dan mangga.

Koordinator pelaksana tim relawan Sahabat Lestari Khoirul Anwar mengatakan, pembagian bibit ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian dari berbagai pihak maupun masyarakat mengenai pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon.

“Kami mengajak masyarakat menjaga lingkungan dengan menanam bibit tanaman produktif. Selain manfaat buahnya, kelestarian alamnya juga didapat,” terang Khoirul Anwar.

Dengan penanaman pohon yang berkelanjutan, diharapkan mampu mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan dan pemanasan global. “Secara jangka panjang, penanaman pohon ini sebagai upaya melakukan penghijauan di tiga kabupaten, yakni Demak, Kudus dan Jepara,” lanjut Khoirul.

Adapun bibit buah dipilih karena memberikan manfaat nutrisi dan ekonomi bagi masyarakat. Diharapkan dengan pembagian bibit buah gratis ini, warga setempat bisa memperoleh manfaat baik nutrisi maupun nilai ekonomi. “Bibit buah kan nanti akan berbuah. Buahnya bisa dinikmati atau dijual. Jadi selain menghijaukan, juga dapat menghasilkan,” kata Koordinator tim relawan Sahabat Lestari Khoirul Anwar.(udi)