RB Leipzig Tolak Rp 1,2 Triliun

JATENGPOS.CO.ID,  LEIPZIG – RB Leipzig menunjukkan tekad yang besar untuk mempertahankan Josko Gvardiol. Die Roten Bullen dilaporkan baru saja menolak tawaran dengan nilai tinggi dari Manchester City.

Gvardiol telah menarik minat dari banyak klub top Eropa. Bakat besar Gvardiol sudah tercium banyak klub sejak membela Dinamo Zagreb pada 2020/2021 lalu. Lalu, dia dibeli RB Leipzig musim lalu.

Awalnya, Gvardiol tidak disiapkan untuk jadi pemain utama RB Leipzig. Akan tetapi, pemain 20 tahun tampil mengejutkan. Gvardiol menembus tim utama dan menggantikan peran Dayot Upamecano.

Musim lalu, Gvardiol memainkan 29 laga di Bundesliga. Performanya sangat stabil untuk pemain yang masih muda seperti Gvardiol.

Paling tidak, ada dua klub yang kini tertarik pada jasa Gvardiol. Dua klub tersebut adalah Chelsea dan Man City. Klub yang disebut terakhir bahkan dilaporkan sudah membuat tawaran yang menggiurkan.

Dikutip dari Bild, Man City membuat tawaran dengan nilai sangat tinggi untuk Gvardiol. Tim yang dilatih Pep Guardiola itu siap membayar 80 juta euro untuk bisa memakai servis bek Timnas Kroasia.

Namun, dengan tawaran yang setara Rp 1,2 triliun, Man City masih harus gigit jari. RB Leipzig sejak awal tidak membuka pintu negosiasi untuk transfer Gvardiol. Mereka tidak akan dijual musim panas ini.

Padahal, andai melepas Gvardiol dengan nilai transfer yang disodorkan Man City, RB Leipzig akan untung besar. Mereka membeli Gvardiol dengan harga 18 juta euro dari Dinamo Zagreb pada awal musim 2021/2022 lalu.

Selain Man City, Chelsea juga membuat tawaran kepada RB Leipzig untuk bisa mendapatkan jasa Gvardiol. Namun, apa yang disodorkan Chelsea kepada klub Bundesliga sama sekali berbeda dengan Man City.

Chelsea memasukkan nama Timo Werner dalam kesepakatan. Chelsea siap menyerahkan Werner sebagai bagian dari transfer Gvardiol. Tapi, belum ada tawaran resmi dari pihak The Blues.

Werner sendiri kesulitan mendapatkan tempat di tim utama Chelsea. Musim lalu, dia jarang menjadi pilihan utama di lini depan. Selain ke RB Leipzig, Chelsea dilaporkan menawarkan Werner ke Juventus.

Selepas perginya Oleksandr Zinchenko, juara bertahan EPL musim lalu semakin getol ingin memboyong bek kiri baru di bursa transfer musim panas ini. Tim asuhan Pep Guardiola awalnya membidik Marc Cucurella, tapi upaya yang dilakukan tak berhasil. Pasalnya, tawaran yang diajukan dianggap Brighton terlalu rendah.

Kini, ManCity mengincar bek kiri RB Leipzig, Josko Gvardiol. Dar berita yang beredar, bukan Cuma The Citizens saja yang ngebet servisnya. Tapi tim asal London lainnya juga berminat seperti Chelsea.

Josko Gvardiol seorang pemain bertahan serba bias. Pemain internasional Kroasia bisa ditempatkan sebagai bek kiri atau bek tengah.

Gagal merekrut bek kiri RB Leipzig, City sekarang diberitakan tengah memantau bek kiri asal klub Liga Jerman lainnya. Manchester City langsung mengalihkan perhatian bek Stuttgart, Borna Sosa. (bol/riz)