Residivis Curat Kembali Ditangkap

Ilustrasi.

JATENGPOS.CO.ID, KLATEN – Hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, anggota Polsek Juwiring berhasil menangkap pelaku pencurian di rumah milik Edi Sumarsono warga Dukuh Winong, Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring. Pelakunya tak lain adalah tetangga korban bernisial Tr alias Ganden (31).

“Pelaku merupakan residivis kasus serupa. Untuk menangkapnya tidak begitu sulit, karena pelaku meninggalkan barang bukti di lokasi kejadian,” kata Kapolsek Juwiring, AKP Waleri.

Pencurian tersebut, imbuh AKP Waleri, dilakukan pelaku seorang diri. Aksi melanggar hukum itu dilakukan oleh pelaku pada tengah malam saat seluruh anggota keluarga korban sudah tertidur. Adapun pencurian tersebut dilakukan pelaku dengan cara memanjat tembok belakang rumah korban.

“Sesampainya di dalam rumah korban, pelaku langsung mengambil uang tunai dan beberapa barang berharga lainnya. Setelah itu, pelaku pergi melarikan diri,” tambah AKP Waleri.

Lebih lanjut AKP Waleri menjelaskan, total kerugian akibat kejadian ini mencapai Rp 28 juta. Sejumlah barang yang diambil yakni uang dengan total senilai Rp11,5 juta, emas dan perhiasan seberat 16 gram serta sebuah handphone Android.

“Berdasar olah TKP dan barang bukti yang ada, petunjuk mengarah pada pelaku. Saat itu juga, kami langsung melakukan pengejaran dan menangkap pelaku. Dan ternyata benar, pelaku mengakui semua perbuatannya,” jelas AKP Waleri.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku yang sudah tiga kali ditangkap karena terjerat kasus serupa dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Adapun ancaman hukumannya adalah tujuh tahun kurungan penjara.(Aya/saf)