Ribuan Warga Terima BLT DBHCHT Kabupaten Semarang

BANTUAN DBHCHT: Seorang tuna netra mengambil pembagian bantuan langsung tunai DBHCHT di aula Kecamatan Bawen, Selasa (27/9). FOTO:MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Hari pertama pembagian bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kabupaten Semarang berjalan lancar.

Pembagian diwarnai dengan peristiwa unik, ketika seorang penyandang tuna netra menerima bantuan langsung tunai DBHCHT Kabupaten Semarang tahun 2022 datang di aula Kantor Kecamatan Bawen, Selasa (27/9/2022) siang.

Didampingi seorang anggota keluarga, dia menghitung lembaran uang pecahan Rp100 ribu. Meski tidak bisa melihat bentuk uangnya ia bisa mengerti nilainya, terlihat dari senyumnya yang melembar tanda sangat senang.

Plt Kepala Dinas Sosial Ida Maftucha menjelaskan sebanyak 3.166 orang dari 19 kecamatan mendapat bantuan langsung tunai senilai Rp300 ribu per bulan selama tiga bulan.

“Bantuan diterimakan sekali sebesar Rp900 ribu,” terang Ida.

Total BLT DBHCHT yang dibagikan untuk warga Kabupaten Semarang Rp2,849 miliar lebih.

Para penerima terdiri dari 482 buruh pabrik rokok, 858 buruh tani tembakau dan 1.826 warga yang tercantum dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang belum mendapatkan bantuan sosial apapun dari Pemerintah.

Penerima lainnya, Munaji (53) mengaku senang mendapat bantuan uang tunai itu. Pekerja gudang rokok di Lingkungan Ngemplak Kelurahan Susukan Ungaran Timur itu akan menggunakan bantuan itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (muz)