Sakit Hati, Sikat Genset Proyek Tol

Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto menunjukan empat tersangka (mulut ditutup) dan barang bukti kasus pencurian genset. FOTO : YASIN ABDULLAH/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, KARANGANYAR — Kawanan pencuri dengan pemberatan (curat) berhasil dibekuk Polres Karanganyar usai beraksi di area tol Solo-Kertosono wilayah Kebakkramat. Empat kawanan yang berhasil ditangkap lantaran menggondol genset milik PT Waskita yakni, Sunardi alias Kondor (38) asal Kebakkramat bersama dua orang teman satu lokasi yakni Andi Saputra alias Letong (28) dan Angga Adtya alias Parmin (28) serta Irfan Susanto alias Kecing (33) asal Masaran Sragen. Sedangkan enam pelaku lain masih dalam pengejaran.

Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto menjelaskan, aksi kawanan pencuri itu terbongkar dengan tertangkapnya salah satu pelaku, Sunardi yang merupakan bekas pekerja di proyek tol tersebut. Di lokasi proyek tersebut sebenarnya saat kejadian ada penjaga, namun karena jumlah penjaga dan kawanan perampok tak sebanding. Penjaganya memilih kabur untuk menyelamatkan diri dari pada terjadi apa-apa.

“Pelaku yang kita tangkap ini empat, total ada 10 orang, yang enam masih kita kejar. Jadi DPO (Daftar Pencarian Orang). Mereka mengambil genset yang biasa digunakan untuk mengebor jalan di jalan tol itu,” ungkap Kapolres dalam gelar perkara di Mapolres, kemarin.

Berkat gigihnya petugas Polsek Kebakkramat yang didukung tim Polres Karanganyar pencurian yang dilakukan pada 27 Oktober 2017 itu akhirnya pelakunya bisa diamankan pada 10 November lalu. Menurut Kapolres, motif dari pencurian itu berlatar belakang sakit hati karena Sunardi dipecat dari kerjaan itu tanpa alasan yang jelas, setelah bekerja selama 2 tahun.

“Ya dulu saya kan kerja di sana, selama 2 tahun. Tapi dipecat. Nggak tahu alasannya kenapa. Jadi sponton saat nongkrong bareng teman-teman berencana mengambil jenset itu,” beber Sunardi saat ditanya Kapolres alasanya mencuri. (yas/saf/ct7).