Saling Uji Konsistensi

Bukayo Saka

JATENGPOS.CO.ID, LONDON – Laga bigmatch tersaji saat Arsenal akan menjamu Manchester United di Emirates Stadium pada pekan ke-21 Premier League 2022/2023, Minggu (22/01/2023) malam pukul 23:30 WIB, disiarkan langsung SCTV, Champions TV 5 dan live streaming Vidio.com. Baik The Gunners maupun The Red Devils akan saling menguji konsistensi kemenangan.

Sejauh ini, Arsenal masih tak tergoyahkan di puncak klasemen EPL. The Gunners memimpin dengan 47 poin hasil 18 pertandingan, berselisih 8 poin dari Manchester City di posisi kedua. The Citizens mengoleksi 39 poin dari 18 laga yang dimainkan.

MU gagal mengudeta posisi City di posisi kedua sekaligus belum mampu memangkas poin dari Arsenal usai berbagi angka saat bermain di pekan tunda melawan Crystal Palace, 1-1. MU kini mengoleksi 39 poin dari 19 pertandingan. Menguntit di bawahnya, Newcastle United menempati posisi 4 besar dengan 38 poin dari 19 pertandingan. Hasil imbang tersebut sekaligus memutus tren 9 kemenangan beruntun di semua kompetisi.

Bagi Arsenal, kemenangan akan menjauhkan mereka dari para pesaing, City, Newcastle, termasuk MU. Sebaliknya, United terancam tergusur menjauh dari Arsenal dan City, serta terancam tergusur dari Newcastle andai gagal merengkuh poin. Apalagi, mereka menyia-nyiakan kesempatan 3 poin di laga terakhir.

Performa Arsenal musim ini tak perlu diragukan. Tim asuhan Mikel Arteta kian favorit meraih gelar juara Premier League berkat konsistensi yang mampu mereka pertahankan hingga musim dingin.

Performa impresif membuat Arsenal kian nyaman di puncak klasemen. Mereka mengemas 47 poin dari 18 laga yang telah dilalui, atau unggul 8 angka dari Manchester City selaku pesaing yang membuntutinya di peringkat dua.

Namun tak bisa dipungkiri, kenyamanan Arsenal membuat para rival mulah gerah. Klub-klub raksasa yang berhadapan dengannya mempunyai ambisi untuk menumbangkan skuad Arteta yang baru satu kali menelan kekalahan di pentas Premier League musim ini.
Salah satu tekad tersebut dibidik Manchester United. Kedua klub akan baku hantam untuk memperebutkan kemenangan sekaligus menguji siapa yang paling konsistensi dalam beberapa pertandingan terakhir.

Tetap saja ini bukan tugas mudah Setan Merah, julukan MU, lantaran mereka tampil di markas lawan. MU sendiri tidak tinggal diam. Skuad asuhan pelatih Erik ten Hag berupaya merusak konsistensi Arsenal sekaligus menjaga peluang Setan Merah dalam upaya memanaskan persaingan meraih trofi juara Premier League musim ini.

Setan Merah juga tengah garang-garangnya. Mereka sukses meraih 9 kemenangan beruntun di berbagai ajang. Adapun pada pekan lalu, mereka sempat terganjal usai ditahan imbang Crystal Palace 1-1 di Selhurst Park.

Kendati demikian, hasil tersebut tak mempengaruhi mental para pemain MU untuk bangkit dan memenangkan permainan saat kembali melawat ke London dengan lawan yang berbeda, yakni Arsenal.

Meski tanpa diperkuat Casemiro pada pekan ini, juru taktik Belanda mengaku tak gentar. Itu berkaca pada pertemuan terakhir di Old Trafford. Dimana, MU menang 3-1 pada putaran pertama kompetisi Liga Inggris, September 2022 ketika tanpa diperkuat gelandangnya.

“Pada pertemuan terakhir kami mengalahkan Arsenal tanpa Casemiro. Sebagai team, kami sudah buktikan bisa mengalahkan mereka, dan kami akan melakukannya (memetik kemenangan -red) lagi,” tegas Ten Hag.

Dua rivalitas ini sama-sama berada dalam form yang bagus. Arsenal memenangi delapan dari sepuluh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, sedangkan MU menang sembilan kali dan tak terkalahkan dalam sepuluh laga.

Sejak mengikuti Liga Inggris, The Gunners dan Red Devils telah bentrok sebanyak 61 kali. keduanya telah bermain di setiap musim di divisi teratas.

Head to head keduanya, Manchester United memiliki sedikit keunggulan atas Arsenal dan telah mengalahkan mereka sebanyak 101 kali, sedangkan The Gunners memiliki 86 kemenangan. Arsenal telah memenangkan 46 trofi utama. 14 Piala FA dan 13 gelar liga, termasuk tiga gelar Liga Premier.

Marcus Rashford

Sementara Manchester United total trofi yang berhasil dibawa pulang sebanyak 65 trofi utama. The Red Devils mengangkat Piala FA sebanyak 12 kali, 13 gelar Premier League dan meraih dua gelar Liga Champions dan satu gelar Liga Europa. Prediksi skor Arsenal 1 – 2 Manchester United. (ito/riz)

Prediksi Pemain
Arsenal (4-3-3) : Aaron Ramsdale; Oleksandr Zinchenko, Gabriel Magalhaes, William Saliba, Ben White; Granit Xhaka, Thomas Partey, Martin Odegaard; Gabriel Martinelli, Eddie Nketiah, Bukayo Saka. Pelatih : Mikel Arteta.
Manchester United (4-2-3-1) : David De Gea; Luke Shaw, Lisandro Martinez, Raphael Varane, Aaron Wan-Bissaka; Fred, Christian Eriksen; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Antony; Wout Weghorst. Pelatih : Erik ten Hag.