Beranda Jateng Satpol PP Tertibkan APK Jangan Tebang Pilih

Satpol PP Tertibkan APK Jangan Tebang Pilih

293
TERIMA PLAKAT : Anggota Komisi A Sriyanto Saputro menerima plakat dari Satpol PP Sukoharjo dalam kunjungan kerja pada Senin (21/5).
TERIMA PLAKAT : Anggota Komisi A Sriyanto Saputro menerima plakat dari Satpol PP Sukoharjo dalam kunjungan kerja pada Senin (21/5).

JATENGPOS.CO.ID, GEDUNG BERLIAN –  DPRD Jateng meminta agar jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di seluruh Jateng untuk aktif melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) baik dalam gelaran Pilgub atau pilkada di tujuh daerah. Jika memang melanggar harus segera diturunkan. “Satpol PP harus tegas dan berani untuk menertibkan APK,” kata Anggota Komisi A DPRD Jateng Sriyanto Saputro.

Politisi dari Partai Gerindra ini sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Satpol PP, utamanya mereka yang sudah bekerja maksimal. Namun lebih dari itu, dia berharap Satpol PP juga harus memonitoring ke KPU. Jadi tidak hanya melakukan penertiban APK saja.

“Menurut saya, dukungan Satpol PP tidak hanya menertibkan APK saja, justru mendekati Pilkada saat ini, yang sangat penting adalah ketertiban umum,” katanya.

Senada, Anggota Komisi A Anissa Devi menambahkan, jika netralitas Satpol PP harus tetap dijaga dan tidak boleh ada keberpihakan pada suatu partai tertentu. Jika sudah ada keperpihakan, maka bisa memicu konflik di masyarakat.

“Jangan ada tebang pilih, jika mau mentertibkan APK, ya semua harus diambil sesuai dengan peraturan. Jangan karena dukung partai tertentu APK nya tidak di copot, harus netral karena Satpol PP juga merupakan penegak perda,” tegasnya

Asal tahu, beberapa pekan terakhir ini Komisi A DPRD berkunjung ke beberapa kantor Satpol PP tingkat kota dan kabupaten. Seperti Senin (21/5)  lalu berkunjung ke Kantor Satpol PP Kabupaten Sukoharjo. Tujuannya adalah untuk memantau kinerja Satpol PP selama masa kampanye Pilgub Jateng 2018. Saat pertemuan itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Sukoharjo Heru Lindarjo mengatakan saat ini pihaknya tengah gencar menertibkan APK yang melanggar peraturan.

Dalam penertiban itu, Satpol PP bersama Panwas melakukan patroli rutin di sejumlah wilayah pada siang dan malam hari. Ia juga mengatakan, masih banyak poster-poster liar yang terpasang di pohon dan taman kota. (saf)