SBI Gandeng Pemkab Wonosobo, Kerjasama Pengelolaan Sampah Jadi RDF

KERJASAMA- PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo menjalin kerja sama untuk pengelolaan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau RDF (Refuse-Derived Fuel) yang akan digunakan Pabrik SBI di Cilacap. FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  CILACAP – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo menjalin kerja sama untuk pengelolaan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau RDF (Refuse-Derived Fuel) yang akan digunakan Pabrik SBI di Cilacap. Kerja sama ini diresmikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara SBI yang diwakili Direktur Manufacturing, Soni Asrul Sani dengan Bupati Wonosobo, H. Afif Nurhidayat, S.Ag. di Ruang Pringgitan, Pendopo Bupati, Rabu (21/2/2024).

Soni Asrul Sani mengatakan, SBI menyambut baik kesepakatan ini dan berkomitmen untuk mendukung pengembangan infrastruktur dan teknologi yang diperlukan agar proyek ini terimplementasi.

Turut hadir dan memberikan pengarahan, Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk memfasilitasi pengelolaan sampah menjadi RDF yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan oleh industri semen seperti yang telah diterapkan di SBI Pabrik Cilacap.

Untuk sukses ini, Pemkab Wonosobo telah membangun tempat pengolahan sampah dengan metode pengolahan sampah Reduce,Reuse dan Recycles atau TPS3R, Pusat Daur Ulang (PDU), maupun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di beberapa kecamatan.

“Dengan adanya berbagai fasilitas yang ada,maka didorong atau diarahkan agar sampah sampah tersebut diolah menjadi RDF,” katanya.

Selain membantu meningkatkan kondisi lingkungan yang lebih sehat, pengelolaan sampah menjadi RDF ini juga akan membantu peningkatan ekonomi sirkular di daerah.(aln)