SD Negeri Bugangan 03 Semarang , Sekolah Favorit dengan Prestasi Oke

Kepsek SDN Bugangan 03 Yuliana Wagiyanti SPd SD dan para guru foto bersama di depan sekolah mereka. FOTO : PRAST WD/JATENGPOS .CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Siapa yang tak kenal SD Negeri Bugangan 03 Semarang? Selain pavorit dan berprestasi, lokasinya strategis di Jalan Raya Citarum No 59, tepatnya di wilayah Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur. Lokasi pinggir jalan raya juga salah satu daya tarik orangtua untuk menyekolahkan anaknya di situ.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Bugangan 03, Yuliana Wagiyanti SPd SD mengaku memang banyak orangtua hampir setiap tahun yang melirik sekolahnya. Bahkan dari luar rayon pun ada yang rela jauh-jauh memburu. Padahal setiap tahunnya kuota pendaftaran luar rayon lewat online dibatasi.

“Sekolah kami memang input siswanya yang masuk lumayan pandai-pandai. Sehingga tak heran setiap regenerasi sering mendapat juara jika ada lomba-lomba di luar sekolah yang diadakan dinas pendidikan,” ujar Yuliana didampingi Drs Ismariyono guru kelas.

Untuk informasi terbaru prestasi bulan ini saja ada siswa yang pernah juara dua pramuka tingkat Kota Semarang yang berlangsung di SMPN 21. Tentunya dia senang karena ini sebuah kebangkitan baru. Selain itu ekstra pramuka di SD Bugangan 03 juga masih menjadi unggulan.

“Saya kebetulan juga sangat mendukung kepada semua siswa tentang kepramukaan baik itu siaga dan penggalangnya,” jelasnya.

Yuliana menambahkan, untuk prestasi baru lagi ada siswanya yang juara dua Lomba Geguritan Tingkat Kota Semarang. Waktu itu lomba yang mengadakan dari Kementerian Agama (Kemenag). Meski tidak ada ekstra khusus geguritan, para guru sangat semangat memberikan motivasi latihan. “Siswa kami yang tampil kemarin namanya Josepin Margareta kelas enam,” jelasnya.

Untuk menarik motivasi siswa yang lain agar berprestasi biasanya para siswa yang dapat juara ditampilkan di hadapan guru dan siswa saat apel bersama.

“Karena ini juga programnya Dinas Pendidikan Kota Semarang dan pemkot terkait Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) siswa kami tampilkan. Biasanya setiap Selasa-Kamis kita tampilkan di acara ”Apel Karakter”. Ya tujuannya untuk memberi motivasi siswa lain setelah mereka melihat dan ingin meniru temannya yang sering juara lomba,” imbuhnya.

Ditambahkan, pihak sekolah akan selalu memfasilitasi siswa bila ada yang ingin ikut lomba. Kegiatan prestasi non akademik sangat diperlukan karena mereka juga akan mendapatkan piagam penghargaan untuk membantu nilai mencari sekolah.

Kata Yuliana, tak lupa dalam mendidik siswanya juga ada pengembangan karakter anak. Lulusan sekolah SDN Bugangan 03 harus bisa lulus punya karakter yang bagus. Prestasi bagus dan berakhlak mulia.

1
2
3
4