SDIT Cahaya Ummat Kembali Berprestasi, Borong Juara Lomba MAPSI Bergas

BERPRESTASI: Para siswa SDIT Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang pemenang juara 1 dan 2 Lomba MAPSI Kecamatan Bergas berfoto bersama Kepala Sekolah SDIT Cahaya Ummat, Siti Badriyah. FOTO:IST/MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– SDIT Cahaya Ummat Bergas Kabupaten Semarang kembali berhasil memborong juara di ajang Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SD Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Bergas.

Kegiatan lomba kali ini diadakan di SDN Wringin Putih 01 Bergas, diikuti sebanyak 27 SD dari seluruh Kecamatan Bergas. Adapun kegiatan melombakan sebanyak 10 cabang perlombaan kategori putra dan putri.

Memperebutkan kejuaraan antara lain, Adzan, Khat, Kaligrafi, Tilawah, Tahfidz, TIKI (Teknologi Informasi Komunikasi Islami), Khitobah, LCC, Shalat Wajib, dan Macapat Islami.

Ketua Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan (KorwilBiddik) Kecamatan Bergas, Eko Yulianto, S.Pd, M.SI mengatakan, Lomba MAPSI merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) mulai dari lingkup kecamatan, tingkat Kabupaten, hingga tingkat Provinsi.

“Melalui MAPSI diharapkan dapat meningkatkan akhlaqul karimah, budi pekerti luhur dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan antara peserta didik,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Ditambahkan oleh Ketua Korwilcam ini, anak-anak didik wilayah Kecamatan Bergas diharapkan menjadi putra-putri yang sholeh-sholehah. Memiliki budi pekerti yang baik dan menjadi hafidz-hafidzoh yang membawa masalahat bagi orang-orang di sekitarnya.

“Semoga peserta didik kita menjadi generasi penjaga Al-Qur’an serta bisa menjadi Dai yang bisa menjunjung tinggi nama sekolah, keluarga dan diri sendiri di masyarakat,” ungkapnya.

SDIT Cahaya Ummat sebagai pendulang prestasi terbanyak dengan memborong piala terbaik terbanyak, dalam event ini menurunkan para siswanya mengikuti 9 cabang dari 10 cabang yang dilombakan. Hanya 1 cabang yang tidak diikuti, yakni cabang seni rebana.

Kepala Sekolah SDIT Cahaya Ummat, Ibu Siti Badriyah, S.KM., mengatakan, siswa SDIT Cahaya Ummat berhasil mendapatkan sebanyak 10 piala yang diantaranya sebagai Juara I. Prestasi ini dinilainya memuaskan dan membanggakan bagi sekolahan.

“Kemenangan ini merupakan hadiah dari Allah SWT, atas semua proses panjang yang telah diupayakan oleh seluruh komponen sekolah. Semoga anak-anak semakin memacu meraih prestasi lebih tinggi lagi untuk kejayaan agama, bangsa dan negara,” ujanya kepada Jateng Pos, kemarin.

Adapun, 10 gelar juara yang diraih anak-anak SDIT Cahaya Ummat, diantaranya; Juara 1 Cabang Lomba Sholat dan Wudhu (Pa-Pi), Juara I Cabang Lomba Pengetahuan PAI dan BTQ (Pi), Juara I Cabang Lomba Adzan dan Iqomah, Juara I Cabang Lomba Hifdzil Qur’an (Pa), Juara I Cabang Lomba Kaligrafi (Pa), Juara II Cabang Lomba Pengetahuan PAI dan BTQ (Pa), Juara II Cabang Lomba MTQ (Pa), Juara III Cabang Lomba MTQ (Pi), Juara II Cabang Lomba Macapat Islami (Pi), dan Juara III Cabang Lomba Khitobah (Pa),

“Kami terus memotivasi bagi siswa agar tetap semangat, belajar, dan beribadah, jangan cepat puas dengan hasil yang diperoleh, berlatih lebih keras lagi untuk mempersiapkan lomba MAPSI tingkat Kabupaten,” pungkasnya. (biz/muz)