Beranda Travelling Seru, Sungailiat Triathlon 2019 Diwarnai Aksi dan Parade Budaya

Seru, Sungailiat Triathlon 2019 Diwarnai Aksi dan Parade Budaya

164
Seru, Sungailiat Triathlon 2019 Diwarnai Aksi dan Parade Budaya
Seru, Sungailiat Triathlon 2019 Diwarnai Aksi dan Parade Budaya

JATENGPOS.CO.ID, BANGKA – Meski sempat diguyur hujan saat subuh, namun antusias peserta dan masyarakat tetap tinggi untuk mengikuti event Sungailiat Triathlon 2019 di Pantai Tanjung Pesona, Bangka, Sabtu (15/6). Cuaca pun berangsur-angsur cerah begitu pembukaan dan start lomba dimulai sekitar pukul 6 pagi.

Sungailiat Triathlon 2019 ini diikuti 353 dari 16 negara, yakni Indonesia, Aljazair, Austria, Denmark, Perancis, Italia, Malaysia, Belanda, Rusia, Spanyol, UK, Amerika, Jerman, Jepang, Thailand dan Singapura. Event yang juga diwarnai dengan aksi dan pawai budaya ini mempertandingkan 5 kategori, yaitu:
– Long Distance (1,9km renang, 90km sepeda, 21,1km lari),
– Standard Distance (1,5km renang, 40km sepeda, 10km lari)
– Standard Distance Relay (1,5km renang, 40km sepeda, 10km lari)
-Sprint Distance (750m renang, 20km sepeda, 5km lari)
-Sprint Duathlon (5km lari, 20km sepeda, 5km lari)

Menurut Sekda Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi kegiatan Sungailiat Triathlon 2019 ini harus mendapat apresiasi. Dikatakannya menjaga 7 tahun dengan kualitas yang cukup baik tidaklah gampang. “Kami apresiasi kerja kawan-kawan di sini. Mereka telah bekerja keras dan konsisten untuk menjaga event ini agar bisa terus berlangsung dengan baik,” ujar Yan.

Seperti diketahui tahun 2019 ini merupakan pelaksanaan yang ke 7 Sungailiat Triathlon. Yan mengatakan pemprov akan selalu mendukung dan ingin mengembangkan event di setiap kabupaten dengan menampilkan karakter masing-masing daerah. “Kita dukung mereka agar bisa lebih meningkat dan perihal tema bisa dikembangkan sesuai dengan karakter daerah masing-masing. Ini untuk mengenalkan budaya setempat ke luar wilayah Bangka Belitung dan dunia internasional,” ujar Yan.

Sementara itu Bupati Bangka Mulkan SH MH mengatakan tahun ini Sungailiat Triathlon 2019 selain memperlombakan olahraga renang, sepeda dan lari, juga dimeriahkan dengan parade budaya Bangka dan menampilkan bintang tamu penyanyi Iva Lola.

“Pelaksanaan event Sungailiat Triathlon 2019 memang banyak menampilkan atraksi seni budaya asal Bangka. Atraksi budaya ditampilkan untuk menarik wisatawan agar datang ke Kabupaten Bangka. Apalagi para peserta Sungailiat Triathlon berasal dari berbagai daerah dan mancanegara,” kata Bupati.

“Dalam pelaksanaan Sungailiat Triathlon ke tujuh ini, ada agenda wisata yang kita padukan dengan seni budaya, seperti atraksi kesenian, parade pawai budaya, Nganggung, semoga bisa menghibur para atlet dan masyarakat,”ungkap Bupati Mulkan.

Ia menegaskan, bahwa kegiatan Sungailiat Triathlon ini harus memiliki kesan serta menghibur karena tujuan bersama ingin memajukan pariwisata di Kabupaten Bangka.

“Saya tidak mau, acara ini serimonial saja, setelah acara seremoni, selesai. Kegiatan apapun harus sesuai tujuan kita, yakni ingin banyak di ketahui oleh masyarakat ramai, karena tujuan kita ingin mempromosi wisata kita,” tegas Mulkan.

Dikatakan Mulkan, peserta di sini sekaligus diajak mengeksplorasi beragam destinasi unggulan Pulau Bangka. Mulai dari Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir, Pantai Teluk Uber dan lainnya. “Mereka juga akan melewati kawasan agro wisata. Sebuah kawasan yang merupakan bagian dari konsep Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang difokuskan dibangun Pemerintah,” ujar Bupati.

Pada kesempatan terpisah, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani mengatakan Sungailiat Triathlon 2019 bakal memberikan pengalaman yang berbeda. Sebab pesona alam yang dimiliki Pulau Bangka memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para atlet nusantara dan mancanagera.

“Usai menyelesaikan beragam tantangan pada ajang Sungailiat Triathlon, para atlet akan mengikuti berbagai ajang triathlon lainnya. Seperti Jakarta City Triathlon, Lombok Triathlon, Bangka Triathlon dan diakhiri dengan Palembang Triathlon,” sebut wanita yang akrab disapa bu Kiki yang diamini Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meyakini Sungailiat Triathlon akan memberikan akselerasi bagi pariwisata Bangka. Apalagi sport tourism terbukti efektif mengangkat destinasi yang dilaluinya.

“Bangka mempunyai potensi besar sebagai destinasi sport tourism dunia. Tracknya cukup menantang dengan suguhan pemandangan yang luar biasa. Saya berharap kegiatan ini ini bisa menjadi pemantik semangat Bangka untuk mendorong KEK Sungailiat,” ujar Menpar Arief.(rif)