Setuju di Harga 120 juta euro

JATENGPOS.CO.ID,  LONDON – Efek domino berpotensi terjadi jelang deadline bursa transfer musim dingin yang ditutup pada akhir Januari 2023. Itu terjadi setelah Arsenal sukses mendapatkan Jorginho dari Chelsea sebesar 12 juta poundsterling dan kontrak hingga 2024 plus opsi perpanjang kontrak.

Bagi Arsenal secara tidak langsung itu menghentikan operasi transfer Moises Caicedo dari Brighton & Hove Albion. Sementara bagi Chelsea kepergian Jorginho membuka satu slot untuk gelandang baru lainnya.

Saat ini Chelsea tengah bernegosiasi dengan Benfica untuk merekrut bintang muda timnas Argentina, Enzo Fernandez. Benfica masih bersikukuh tidak menjualnya meski Chelsea dikabarkan siap mengeluarkan 120 juta euro sesuai klausul pembeliannya.

Chelsea dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Benfica untuk memboyong bintang muda Argentina, Enzo Fernandez. Kesepakatan itu terjadi pada Rabu (01/02/2023) atau deadline day bursa transfer Januari 2023. Ini berarti, negosiasi selama satu bulan telah berakhir.

Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, setelah negosiasi yang intens sejak Senin (30/01/2023), Benfica akhirnya menyepakati transfer tersebut.

“Klub berlari untuk mendapatkan dokumen yang ditandatangani sebelum akhir jendela, akhirnya disepakati antar klub tetapi semua kontrak sekarang harus ditandatangani tepat waktu,” tulis Romano.

Enzo Fernandez menjadi pemain ketujuh yang direkrut Chelsea pada musim dingin, meski ada beberapa yang baru bergabung pada musim panas nanti. Belum ada kepastian mengenai harga transfer untuk pemain muda terbaik Piala Dunia 2022 itu. Kabarnya, Chelsea menyepakati nominal yang diminta Benfica, 120 juta euro.

Jika benar, Enzo akan menjadi pemain termahal yang direkrut The Blues. Chelsea begitu niat untuk mendatangkan sang gelandang. Delegasi dari Chelsea telah terbang dari London ke Lisbon untuk menutup kesepakatan itu.

Benfica mendapat tawaran dari Chelsea senilai 120 juta euro untuk Enzo Fernandez yang memang menginginkan tantangan baru di luar Portugal. Benfica tak bisa menghindar dari godaan uang Todd Boehly dkk. Selain itu, Enzo Fernandez juga menginginkan tantangan baru. Liga Inggris adalah tujuannya untuk meningkatkan karier.

Tim London Biru merupakan satu di antara klub yang aktif pada bursa transfer musim dingin 2023. Manajemen Chelsea telah mengucurkan dana hingga 208,5 juta euro (Rp 3,3 triliun) untuk mendatangkan tujuh pemain anyar.

Satu di antara pembelian termahal The Blues pada Januari 2023 adalah Mykhailo Mudryk. Chelsea menebus pemain berusia 22 tahun tersebut dari Shakhtar Donetsk dengan banderol 70 juta euro.

Chelsea sangat ingin merekrut Enzo Fernandez karena pada usia 22 tahun ia bisa jadi investasi jangka panjang. Selain itu juga potensi perkembangan Fernandez sangat besar mengingat ia salah satu faktor kunci Argentina juara Piala Dunia 2022 di Qatar.

Legenda Manchester City asal Argentina, Sergio Aguero, bahkan menilai Fernandez sudah sangat siap bermain di liga top dunia atau di antara lima liga top Eropa.

“Enzo telah membuktikan ia bisa bermain di liga-liga top dunia. Dari pemahaman saya mengenainya, akan segera tiba waktu baginya bermain di antara Premier League atau LaLiga,” tutur Aguero dikutip dari FourFourTwo.

“Masalahnya, Piala Dunia bisa menjadi etalase yang bagus. Anda benar-benar dapat mengetahui siapa pemain yang membuat perbedaan, dan jelas ada dorongan untuk menjadi juara juga. Mungkin kita akan segera melihat Enzo Fernandez di Premier League.”

Aguero juga antusias melihat generasi baru pemain Argentina yang terus berkembang, khususnya mereka yang akan bermain di Premier League. (bol/riz)