Sinergitas KNPI Kabupaten Semarang dengan Visi Misi Bupati

26
Ketua KNPI Jawa Tengah Tino Indra Wardono (kiri) menyerahkan pataka kepada Ketua DPD KNPI Kabupaten Semarang Bagus Suryokusumo saat pelantikan dan raker KNPI di rumah dinas Bupati Semarang, Minggu (12/9/2021). FOTO:MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN– Ketua KNPI Jawa Tengah Tino Indra Wardono dalam sambutan, mengingatkan para pengurus KNPI Kabupaten Semarang untuk terus memperjuangkan eksistensi peran pemuda dalam pembangunan daerah. KNPI adalah tempat berhimpun semua organisasi kepemudaan dengan berbagai latar belakang.

Selain patron keagamaan dan partai politik, lanjutnya, organisasi pergerakan mahasiswa juga terwadahi di KNPI.

“Inilah tempat yang tepat untuk saling belajar dan menghormati antar anggota. Selanjutnya dapat menciptakan kolaborasi gerak organisasi kepemudaan dengan baik dan bermanfaat bagi daerah dan bangsa,” tegasnya saat memberikan sambutan pelantik pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Semarang periode 2021-2024 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Minggu (12/9/2021).

Ikut menyaksikan pelantikan yang dilanjutkan rapat kerja daerah itu, Wakil Bupati Semarang M Basari, Ketua DPRD Bondang Marutohening, Kepala Disdikbudpora Sukaton Purtomo, perwakilan Forkompimda dan SKPD terkait.

Pelantikan dan Rakerda ini diadakan dengan pembatasan hanya diikuti pengurus dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Mengusung tema “Meneguhkan Peran Strategis KNPI sebagai Rumah Besar organosasi Kepemudaan”, diharapkan kepengurusan DPD KNPI ke depan mampu menyelaraskan program kerja dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Semarang.

“Program kerja DPD KNPI Kabupaten Semarang baru dibahas setelah pelantikan. Semoga program kerja bisa menyentuh masyarakt dan membantu pemerintah Kabupaten Semarang. Sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Semarang yang ‘Berdikari’ membangun masyarakat Kabupaten Semarang,” ujar Ketua DPD KNPI Kabupaten Semarang, Bagus Suryokusumo seusai pelantikan.

Bagus menyebutkan KNPI merupakan perhimpunan pemuda-pemuda di Kabupaten Semarang dengan latar belakang dari berbagai organisasi kemasyarakatan, keagamaan, partai dan mahasiswa. Ia berharap apapun warna organisasi, apapun warna baju pemuda KNPI tetap merah putih.

“Jadi tidak usah gontok-gontokan terkait asal organisasi masing-masing, antarorganisasi siap menjaga kondusifitas dan berkiprah untuk Kabupaten Semarang. Alhamdulillah, di pengurusan dari 29 organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan (OKP) semua dapat terfasilitasi,” tandasnya.

“Program kerja pertama dalam waktu dekat ini bersama organisasi lainnya akan mengadakan vaksinasi 1.000 dosis untuk pengurus rumah ibadah,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati H Basari saat membacakan sambutan Bupati Semarang mengingatkan para pengurus baru KNPI dapat menyusun program kerja yang bersinergi dengan visi dan misi kepala daerah. “Sinergi itu akan dapat membawa kemajuan pembangunan daerah,” katanya.

KNPI dapat menghimpun dan memberikan pembinaan dalam menjawab berbagai tantangan dan perkembangan jaman.

“Pemkab Semarang siap mendukung berbagai kegiatan KNPI yang positif. Kami berharap program kerja dapat menyentuh kemajuan pemuda dan masyarakat. Terus membangun sinergitas dengan program pemerintah. KNPI adalah mitra strategis dalam pembangunan lebih baik,” tambahnya.

Susunan Kepegurusan DPD KNPI Kabupaten Semarang periode 2021-2024, yakni Ketua Bagus Suryokusumo dibantu 8 wakil ketua. Selain itu Sekretaris dijabat Muhammad Ulinnuha dan bendahara Maulidina Nur Rokhmah. Kepengurusan juga dilengkapi 8 komisi.

Diantaranya komisi organisasi, komunikasi antar OKP dan pengembangan SDM, ekonomi kreatif, pertanian serta komisi informasi dan komunikasi publik. (muz/biz)