Siswa TK Kartika III-54 Wonogiri Semangat Latihan Drumband

Siswa-siswi sedang berlatih drumband di TK Kartika III-54 Wonogiri. FOTO : BAGUS SARENGAT/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, WONOGIRI — Siswa-siswi TK Kartika III-54 Wonogiri tetap semangat berlatih drum band, meski sepanjang Kamis siang (23/11) gerimis. Dibawah bimbingan Kak Nuyul, anak anak tetap ceria memainkan alat musik, perkusi dan drumband.

Olahraga dan kesenian massal ini ada di TK Kartika sejak tahun 1998. “Selain untuk menyalurkan hobi dan bakat musik anak, drum band dapat melatih kemandirian dan disiplin anak,” kata Kasek TK Athanasia Sri Handayani, S.Pd. AUD, didampingi guru Nur Tjahjaningsih S.Pd l.

Latihan dalam sebulan dilaksanakan empat kali, diikuti 30 anak dengan satu pelatih. “Drum band ada sejak tahun 1998. Ini fasilitas untuk melatih kemandirian anak. Saat lomba anak-anak main mandiri. Tidak ada guru yang menjadi anggota drum band. Di situlah kami harus melatih mental anak untuk mandiri,” imbuhnya.

Menurutnya, kendala melatih anak diantaranya terkadang anak rewel, konsentrasi berkurang, kesehatan menurun dan lainnya. Maka waktu berlatih harus disesuaikan kondisinya. Guru pelatih harus paham psikologi anak. “Sebulan empat kali laithan,” tutur Kasek.

Dandim 0728/ Wonogiri Letkol Basuki Sepriadi melalui Letda Inf Nurhadi (Papen) Kodim 0728 Wonogiri saat menyaksikan latihan mengharapkan, melalui latihan rutin anak anak sudah siap ketika datang event lomba drum band baik di tingkat lokal maupun di luar kota. (bgs/mar)