SMPN 39 Semarang Mewajibkan  Siswanya Ikut Khataman Alquran

Perwakilan siswa SMPN 39 saat membaca Alquran di atas panggung diikuti siswa lainnya di halaman sekolah. FOTO : BAGUS PANJI/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Selain prose belajar mengajar, siswa juga perlu dibentengi dan diberi pendidikan kerohanian. Kegiatan bisa salat bersama, mengaji, baca tulis Alquran atau khataman Alquran.

Seperti yang dilakukan SMP Negeri 39, yang terletak di Jalan Sompok No 43 ini. Sekolah tersebut selama ini selain aktif belajar juga dibekali pendidikan agama yang kuat. Mereka setiap setahun sekali ada kegiatan yang harus diikuti semua siswa.

Kepala SMPN 39, Drs Minto MPd mengatakan, khataman Alquran merupakan agenda kegiatan rutin yang tidak boleh ditinggalkan. Seluruh siswa dan guru diwajibkan ikut dalam acara tersebut setiap Jumat pagi. “Kegiatan ini dilaksanakan menjelang akhir semester dua kali dalam setahun,” katanya.

Menurut Minto, kegiatan khataman Alquran diikuti seluruh peserta didik muslim yang sudah bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Peserta didik dikelompokkan dalam 30 kelompok sesuai jumlah juz di dalam Alquran. Setiap kelompok membaca satu juz dan dibagi lima peserta didik.

“Semua peserta didik muslim terlibat, yang belum bisa mengaji hafalan surat-surat pendek,” jelasnya. (gus/bow/mg8)