Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Anggota MPR RI Bambang Sutrisno Ajak PWRI Berperan Aktif

Anggota MPR RI Bambang Sutrisno bersama Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia, dan narasumber Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, CILACAP – Sosialisasi Sosialisasi empat pilar kembali digelar oleh Senator Jawa Tengah Ir.H.Bambang Sutrisno, bekerja sama dengan Pengurus Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Cilacap.

Sosialisasi empat pilar Kebangsaan dilaksanakan dalam rangka menyegarkan kembali tentang pemahaman Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945,NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam memelihara, memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa yang merupakan elemen penting dalam menggelorakan kembali jati diri bangsa di tengah gencarnya era globalisasi.

“Kita harus menyadari terbentuknya NKRI yang terdiri dari keanekaragaman, pulau, suku, agama, bahasa, ras dan golongan, sehingga untuk menyatukan diperlukan pemahaman bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, salah satunya melalui Sosialisasi empat Pilar Kebangsaan,” ungkap Bambang Sutrisno di lokasi sosialisasi di Pendopo Kabupaten Cilacap, Selasa (2/8/2022).

Pilar Kebangsaan harus selalu dipupuk agar terjadi ikatan yang kuat saling bersinergi sehingga perbedaan bisa menjadi suatu keindahan yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di negeri tercinta ini.

Sosialisasi empat pilar diikuti oleh pengurus PWRI Cilacap, yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman.

“Nilai Pancasila tidak perlu diragukan lagi dalam kehidupan bertoleransi sesama anak bangsa agar memiliki rasa cinta tanah air, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan serta memiliki rasa kebersamaan,” ungkap Syamsul Aulia Rahman.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa kabupaten Cilacap masih memerlukan investor yang memiliki kemampuan finansial untuk pengembangan di daerah, karena Kabupaten Cilacap memiliki potensi Industri perikanan, potensi industri pertanian dan perikanan terpadu, potensi Peternakan terpadu serta potensi potensi industri jasa.

Melalui kegiatan ini diharapkan memberi penyegaran kembali tentang pengetahuan dan pemantapan pemahaman dalam P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila ) untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari guna menciptakan suasana kondusif di tengah tengah kehidupan masyarakat serta menerima aspirasi dari Masyarakat.

Sosialisasi dengan menghadirkan narasumber Drs.H.Hendro Martojo Ketua PWRI Jawa Tengah, dengan materi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Narasumber kedua adalah Soejono,Ms SH Ketua PWRI Kabupaten Cilacap.

“Dalam situasi saat ini perlu diantisipasi kondisi moral generasi muda terhadap perkembangan teknologi dan pengaruh globalisasi sehingga generasi muda tetap memiliki jiwa nasionalisme,”ungkap Hendro.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) semestinya masuk dalam kurikulum dari Sekolah Dasar sampai Perguruan tinggi agar pemahaman terhadap 4 pilar kebangsaan terpatri kepada generasi penerus bangsa

“Semoga dengan materi Empat Pilar Kebangsaan dapat dipahami dan diamalkan serta disebarluaskan sehingga empat pilar kebangsaan ini dapat menyebar ke seluruh pelosok di tanah air sehingga suasana ketentraman dapat tercipta ditengah tengah kehidupan masyarakat, hidup rukun, aman, nyaman, damai penuh kegotong royongan,” pungkasnya. (dea/bis/rit)