Spurs Butuh Keberuntungan

JATENGPOS.CO.ID,  MANCHESTER – Manchester City akan menjamu Tottenham Hotspur di Etihad Stadium pada laga tunda pekan ke-7 Premier League 2022/2023, Jumat (20/01/2023) dinihari pukul 03:00 WIB, disiarkan langsung SCTV, Moji TV, dan live streaming Vidio.com. The Citizen kini lebih diunggulkan dan Erling Haaland bakal jadi ujung tombak pasukan Guardiola.

Laga yang sengit akan tersaji mengingat kedua tim kini sedang berada di papan atas klasemen Liga Inggris saat ini. Kendati tuan rumah lebih unggul, namun tidak menutup kemungkinan jika pasukan Antonio Conte mampu mengamankan poin.

City baru saja tumbang 1-2 di markas sang rival sekota Manchester United. Sementara itu, Tottenham kalah 0-2 dalam derby melawan pemimpin klasemen Arsenal di kandang sendiri. Hasil-hasil itu membuat jarak di antara Arsenal dan City kini menjadi delapan poin.

City sedang berada dalam periode yang sedikit sulit. Sebelum ditaklukkan MU, pasukan Josep Guardiola juga dipecundangi Southampton 0-2 di ajang EFL Cup/Carabao Cup.

Saat melawan MU, City sejatinya unggul mutlak dalam hal penguasaan bola. Namun, City cuma mampu mencatatkan satu shot on target, yang berbuah gol pembuka oleh Jack Grealish dari assist Kevin De Bruyne pada menit 60. Mereka akhirnya kalah setelah kebobolan dua gol di menit 78 dan 82.

Sementara itu, Tottenham bermain cukup bagus melawan Arsenal, tetapi kalah. Unggul penguasaan bola maupun jumlah peluang, upaya-upaya tim asuhan Antonio Conte semuanya dimentahkan oleh Aaron Ramsdale di bawah mistar.

City dan Tottenham sama-sama terkendala finishing touch saat kalah di laga sebelumnya. Mampukah mereka memperbaikinya saat berduel di Etihad Stadium nanti?

Sang tuan rumah, ManCity kini harus tertinggal poin cukup jauh dari sang pemuncak klasemn saat ini yakni Arsenal. Kekalahan laga Derby Manchester di Old Trafford Stadium membuat tim asuhan Pep Guardiola gagal menempel The Gunners di puncak klasemen.

Walaupun pada laga Derby Manchester, The Citizen berhasil menguasai jalannya pertandingan, namun serangan balik mematikan Rashford dan Bruno Fernandes mampu mencatatkan gol bagi Setan Merah.

Sementara itu, Tottenham kini harus tertahan di posisi 5 klasemen usai menelan kekalahan atas Arsenal di laga sebelumnya. Kekalahan menghadapi Arsenal dengan skor 2-0 membuat posisi tim asuhan semakin tidak aman dalam perebutan gelar juara Premier League.

Menghadapi sang juara bertahan Manchester City menjadi tantangan yang sangat berat bagi pasukan Antonio Conte mengingat performa timnya yang sedang tidak konsisten.
Tottenham Hotspur didukung rekor bagus untuk bertandang ke Manchester City. Namun, bisakah tren cemerlang itu berlanjut mengingat Spurs lagi jeblok.

Meski demikian, the Lilywhites bisa sedikit percaya diri karena mampu mendominasi Man City dalam lima pertemuan terakhir mereka di liga. Empat kemenangan berhasil direbut Harry Kane dkk dengan hanya sekali kalah.

Tottenham bahkan berhasil mengalahkan si Biru Langit dua kali di sepanjang 2021/2022. Gol tunggal Son Heung-min memastikan Spurs menang di kandang sendiri pada Agustus 2021, sebelum Tottenham mempermalukan Man City 3-2 di Etihad pada Februari tahun lalu.


Akan tetapi, ambisi Tottenham melanjutkan dominasi atas Manchester City terganjal oleh laju buruk. Pasukan Antonio Conte itu cuma memetik empat kemenangan dalam 10 pertandingan terakhirnya di kompetisi ini dengan lima kekalahan. Tottenham bahkan cuma sekali menang pada empat laga terakhirnya.

Conte mengatakan, Tottenham mesti minim kesalahan jika ingin mengatasi Bernardo Silva dkk. Selain itu, faktor keberuntungan juga bisa memengaruhi.

“Saya ingat pertandingannya dan untuk menang melawan Manchester City, anda harus berusaha tidak membuat kesalahan. Karena pastinya anda tahu, ketika melawan Man City, penguasaan bola akan menjadi 70-75% untuk mereka. Maka anda punya sisa 20-25% penguasaan bola jadi di periode ini anda harus sangat bagus, mengalirkan bola dengan baik dan menciptakan banyak peluang mencetak gol,” ungkap manajer Italia itu.

“Anda tahu ketika anda bermain melawan, saya kira tim terbaik di dunia saat ini, pertandingan akan sangat sulit. Pada musim lalu, kami sangat bagus, menunjukkan ketangguhan yang hebat. Juga di pertandingan semacam ini anda juga akan butuh sedikit keberuntungan untuk mendapatkan hasil yang bagus,” imbuh Conte.

Catatan buruknya, Tottenham hanya menang di tiga laga dari sembilan pertandingan Inggris terakhir. Walau demikian, skuad asuhan Conte cukup produktif karena mencetak sembilan gol dalam tiga pertandingan tandang Premier League terakhir.

Manchester City diprediksi masih akan tanpa Ruben Dias dan John Stones di lini belakang. Kemungkinan Guardiola masih akan memasang Aymeric Laporte. Ilkay Gundogan, Jack Grealish dan Julian Alvarez juga harus bersaing untuk starter di Etihad.

Bagi striker Erling Braut Haaland tentu ini kesempatan untuk kembali mencetak gol setelah dua laga sebelumnya gagal mencatatkan namanya di papan skor.

Adapun Tottenham, Conte tidak memiliki masalah walau ada pemain yang absen jelang laga kontra Man City. Dejan Kulusevski telah kembali ke starting XI Line-up di derby London Utara melawan Arsenal. Ia akan kembali jadi starter. Rodrigo Bentancur (pangkal paha) telah memiliki peluang untuk kembali bermain di Etihad melawan City. Sementara Harry Kane juga pasti siap diturunkan. Musim lalu ia mencetak dua gol di laga kontra Man City di Etihad. Prediksi skor Manchester City 2 – 1 Tottenham. (bol/riz)

Prediksi Pemain
Manchester City (4-3-3) : Ederson Moraes; Joao Cancelo, Nathan Ake, Manuel Akanji, Rico Lewis; Ilkay Gundogan, Rodri, Kevin De Bruyne; Jack Grealish, Erling Haaland, Riyad Mahrez. Pelatih : Josep Guardiola.
Tottenham (3-4-2-1) : Hugo Lloris; Ben Davies, Eric Dier, Cristian Romero; Ivan Perisic, Rodrigo Bentancur, Pierre-Emile Hojbjerg, Matt Doherty; Son Heung-Min, Dejan Kulusevksi; Harry Kane. Pelatih : Antonio Conte.