Sragen HUT ke-278, Genjot Perbaikan Jalan:  Refleksi Capaian Kinerja Bupati

KARNAVAL: Karnaval pembangunan warnai peringatan HUT Sragen 278. Foto: ARI SUSANTO / JATENG POS

JATENGPOS. CO. ID, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen merayakan hari jadi Kabupaten Sragen ke-278. Perayaan diisi berbagai acara. Mulai upacara Peringatan Hari Jadi ke-278, Kemudian Karnaval dan ditutup dengan festival Musik pada Senin (27/5).

Lantas upacara mulai pukul 06.00 dengan mengenakan pakaian adat Nusantara atau pakaian tradisional. Dalam kesempatan tersebut Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengajak merefleksikan pencapaian Kabupaten Sragen dalam satu tahun terakhir dalam Pembangunan di segala bidang.

”Untuk menjadi tangguh, harus disertai dengan Pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Awal tahun ini infrastruktur jalan Kabupaten adalah 1.020,25 km sepanjang 897,21 atau 87,94 persen dalam keadaan kondisi mantap,” ujar Yuni.

Beberapa Pembangunan infrastruktur strategis telah dilakukan, baik yang telah selesai maupun dalam proses pengerjaan seperti Pembangunan Gedung Pemda Terpadu Tahap kedua, Pembangunan Jembatan Butuh tahap kedua, Jembatan Bayur Kliwonan, Sentra Industri dan Kerajinan, Gedung I RSUD dr. Suratno Gemolong, Hanggar Venue olahraga, rekonstruksi Jalan Banyurip-Wuni serta Pembangunan jalan di 46 titik.

Selain itu, Berbagai penghargaan diantaranya Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Penghargaan Hakordia atas penilaian MCP KPK tertinggi Peringkat 1 Nasional, dan Terbaik pertama kategori Kabupaten pada Anugerah Layanan Investasi dari Kementerian Investasi/BKPM, Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan dan Penghargaan Bebas Frambusia dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemudian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan BPK RI yang ke-9 secara berturut-turut. ”Hari ini menjadi peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen yang terakhir saya sebagai Bupati Sragen,” terang Yuni.

Kemudian bupati menyaksikan karnaval dari sejumlah instansi di Sragen. Dia menyampaikan semua unik dan menampilkan hal yang baru dalam karnaval. Dia bersyukur antusias masyarakat Sragen cukup tinggi. Selain itu, ada juga upaya memeriahkan dengan bagi-bagi roti, alat dapur maupun sayur-sayuran dan buah dari OPD ke masyarakat.

”Apresiasi buat yang hadir warga Sragen, harapannya sesuai tema, Sragen tangguh sesuai dengan kondisi apapun,” ujar dia. (ars/jan)