Beranda Semarang Stikes Telogorejo Buka Prodi S1 Fisioterapi Pertama di Semarang

Stikes Telogorejo Buka Prodi S1 Fisioterapi Pertama di Semarang

36
Fasilitas Ruang Praktek Fisioterapi Stikes Telogorejo Semarang. foto prast.wd/jateng pos 

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG  – Di tengah masih bergolaknya pandemic covid-19, STIKES Telogorejo Semarang di bawah Yayasan Kesehatan Telogorejo meluncurkan program studi unggulan baru yaitu prodi S1 Fisioterapi pada hari selasa (14/7) di lantai 6 kampus Stikes Telogorejo jl Puri Anjasmoro Semarang. Prodi ini disebut menjadi satu-satunya yang ada di perguruan tinggi se-Kota Semarang.

Program studi Fisioterapi yang secara resmi telah mendapatkan SK Mendikbud RI SK 423/M/2020 per tanggal 8 April 2020 ini berkait erat khususnya bagi mereka yang menjalani proses pemulihan pasca sakit atau mereka yang memang membutuhkan ketahanan stamina yang prima.

Kepala Prodi Fisioterapi Stikes Telogorejo, Tunik Saktawati mengungkapkan, umumnya Prodi Fisioterapi yang sudah ada di beberapa kampus lain hanya jenjang D-3, bukan S-1 seperti yang sedang dibuka.

“Di Semarang kami menjadi yang pertama. Kalau di Jateng sudah ada dua institusi yang membuka S-1 Fisioterapi, jadi kami ketiga,” ungkap Tunik.

Ketua Stikes Telogorejo, Swanny Trikajanti menambahkan, lulusan Prodi Fisioterapi sangat dibutuhkan karena setiap rumah sakit pasti membutuhkan. Selain itu mereka dapat bekerja di klinik kesehatan dan spa, pusat kesehatan olahraga dan kebugaran.

“Bisa juga menjadi tenaga K3 di industri, konsultan fisioterapi, atau kalau sudah melanjutkan jenjang profesi bisa membuka praktik sendiri di rumah. Jadi kami di Stikes tak hanya mendidik tapi juga menyiapkan mereka bisa membuka lapangan kerja,” tegas Swanny.

Menurut dia, untuk biaya S-1 Fisioterapi sendiri masih terbilang terjangkau. Bahkan, karena saat ini banyak orang tua yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19, Stikes menggratiskan biaya gedung (SPI) khusus pendaftar prodi baru ini.

Bagi yang ingin mendalami lebih lanjut bagaimana meningkatkan kesehatan dan kebugaran ditinjau dari aspek Fisioterapi serta terutama ditujukan juga bagi adik adik SMA yang ingin mendalami lebih lanjut studi fisioerapi, STIKES Telogorejo akan mengadakan webinar gratis secara daring pada kamis (16/7) mendatang.

Webinar Fisioterapi ini mengambil tema “Sehat dan Bugar di tengah pandemic dengan meningkatkan aktifitas fisik bersama Fisioterapi Stikes Telogorejo”.

Tujuan webinar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang fisioterapi, menambah wawasan masyarakat tentang pentingnya aktifitas fisik dan OR secara tepat melalui fisioterapi, sekaligus mengenalkan program studi S1/ Sarjana Fisioterapi. Pendaftaran webinar masih dibuka dengan link bit.ly/webinar_fisioterapi atau kenomor 0896-9131-3161 dan 0856-0621-4262.(prast.wd/biz )