Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SD N Sidamukti

Gigih Winandika

JATENGPOS.CO.ID,  – Pendidikan memiliki peran penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia ke arah yang lebih baik. Pendidikan diharapkan mampu membentuk peserta didik yang dapat mengembangkan sikap, keterampilan dan kecerdasan intelektualnya agar menjadi manusia yang terampil, cerdas, serta berakhlak mulia. Pendidikan karakter di sekolah dasar bertujuan untuk membentuk peserta didik yang bermoral, cerdas, rasional, inovatif, optimis dan berjiwa patriot, dengan demikian pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalahpendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi peserta didik, baik dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Pendidikan karakter pada peserta didik merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritual dan kepribadian. Oleh karena itu pendidikan karakter berperan penting pada bagaimana peserta didik bersikap dan menjalani kehidupan mereka baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Jika pendidikan karakter peserta didik sudah kuat peserta didik akan tumbuh dan berkembang dengan tangguh, mandiri, aktif dan kreatif. Pendidikan karakter mencerminkan perilaku dan nilai-nilai baik yang dianut oleh peserta didik baik di lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Pendidikan karakter pada peserta didik berguna untuk mengembangkan potensi baik untuk diri sendiri maupun kehidupan di lingkungan sekitar.

Berdasarkan hasil temuan dilapangan, dapat diketahui pendidikan karakter di sekolah harus teritegrasi dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajaran didesain untuk menumbuhkan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan, mandiri dan siap menjadi pemimpin. Guru di sekolah tidak hanya berperan sebagai panutan saja tapi juga menjadi orang tua dan teman bagi peserta didik. Hal itu dilakukan untuk dapat memahami, menumbuhkan dan menguatkan karakter masing-masing peserta didik.

Untuk mewujudkan pelaksanaan pendidikan karakter dibutuhkan guru yang berkepribadian baik sehingga mampu memberi teladan bagi peserta didik, guru memberikan contoh atau memberi penguatan kepada peserta didik untuk berperilaku baik dan benar baik dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Peserta didik sangat membutuhkan guru yang memiliki relasi hangat dan bersahabat, serta mampu memberi teladan perilaku dalam pangajaran.

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah peran kepala sekolah dan guru dalam melakukan pendidikan karakter yang telah dilakukan kepada peserta didik, kemudian subjek dari penelitiannya: kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Mengenai teknik pengumpulan datanya yang digunakan adalah kegiatan observasi dan wawancara, hasil dari pelaksanaan kegiatan manajemen kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter yaitu peran dari seorang kepala sekolah sangatlah penting, karena kepala sekolah merupakan, (1) manajer, sebagai penentu kebijakan dalam pelaksanaan di lingkungan sekolah, (2) pemimpin, memberikan petunjuk atau pengawasan, dan mendorong semua guru untuk menjadi contoh yang baik dalam berkarakter bagi semua peserta didik. Selain itu kepala sekolah dalam memberikan edukasi pendidikan karakter bisa juga menggunakan cara yang lain, seperti melakukan sebuah pendekatan langsung dengan peserta didik, survei lapangan, memantau perkembangan peserta didik, menangani setiap permasalahan peserta didik secara langsung agar mengetahui pencapaian tentang pembentukan karakter lebih baik setiap peserta didik.

Oleh. Gigih Winandika

Pendidikan Dasar

Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali