Beranda Ekonomi Suhartono Jadi Ketua DPD REI Jateng

Suhartono Jadi Ketua DPD REI Jateng

77

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Muyawarah Daerah (Musda) DPD REI ke-13 yang digelar Sabtu (19/9/2020) berhasil memenangkan Suhartono srbagao KetuaDPD REI Jateng periode 2020 higgga 2023 mendatang. Suhartono dengan perolehan suara 138, mengalahkan Nur Widi Jatmiko dengan perolehan suara 110 suara.

Seperti diketahui, Musda DPD REI Jateng dengan agenda utama pemilihan Ketua ini hanya diikuti 2 orang kandidat saja. Pemilihan Ketua DPD REI Jateng yang digelar di kantor sekretariat DPD REI Semarang ini dilakukan melalui pemungutan suara secara virtual dan langsung.

Ketua Panitia Musda DPD REI Jateng , Andi Wirawan mengungkapkan, sebelumnya ada 4 calon ketua. Namun saat pemilihan, 2 diantaranya mengundurkan diri.

“Sistem pemilihan ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya, dan ini merupakan pemilihan pertama di Indonesia yang dilakukan secara virtual (online) dan pemilihan langsung,” ungkapnya.

Adapun jumlah anggota REI tercatat 274 perusahaan. Namun yang berhak untuk memilih ada 256 suara saja.

“Pemilihan dilakukan dengan sistem langsung, yakni 25 orang dipanggil, untuk selanjutnya per 5 orang masuk ke bilik pemilihan untuk menentukan siapa calon yang dipilih. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu, karena kondisi pandemi, sehingga pelaksanaan pemilihan ketua DPD REI Jateng dilakukan sesuai protokol kesehatan,” jelasnya

Ketua DPD REI Jateng terpikih, Suhartono yang juga mantan sekretaris DPD REI Jateng menyatakan, siap untuk menjadi ketua DPD REI Jateng dengan mengutanakan sistim keterbukaan. Menurutnya, REI juga akan menjalin hubungan baik dengan stakeholder yang berhubungan dengan pembangunan perumahan di Jateng.

“Kami akan melakukan konsolidasi dengan 7 komisariat yang ada di Jateng. Untuk itu, kami berharap anggota REI yang berjumlah 270 ini dapat bersikap profesional,” tegasnya.

Sebelumnya, alasan Suhartono menyalonkan diri sebagai Ketua DPD REI ini dilatarbelakangi dorongan sejumlah anggota yang membutuhkan perlindungan, mengingat konsumen saat ini sangat kritis. Sehingga, bila terjadi masalah dapat segera diatasi , seperti masalah perijinan, perpajakan tata ruang dan lainnya.

Ketua DPD REI Jateng periode 2017-2019, Priyono mengatakan siapapun ketua DPD REI terpilih harus menjalankan organisasi sesuai amanah dan sesuai kebijakan pemerintah dalam membangun perumahan, apartemen dan bisnis property lainnya.

Dijelaskan Priyono, target pembangunan rumah per tahun 2017 hingga 2020 tercapai 25.000 unit atau senilai Rp 5 triliun. Selama pandemi ini, pemerintah memberikan kuota cukup besar bagi Jawa Tengah yang disalurkan melalui bank BTN sekitar 7.000 , dan masih terserap sekitar 2.900 unit, sehingga masi tersisa sekitar 4.000 lebih unit rumah.

“Sisa ini menjadi PR bagi ketua baru untuk segera merealisasi dengan KPR,” pungkas Priyono.(aln)