Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Sulap Serat Oyong menjadi Body Scrub

Sulap Serat Oyong menjadi Body Scrub

726
Budiyanti, S.Pd Guru SMP Negeri 2 Eromoko

JATENGPOS.CO.ID, – Mau tampil cantik dengan kulit lembut alami? Tentu mau ya? Kulit lembut memang menjadi impian setiap wanita, bahkan berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya melalui berbagai perawatan. Salah satunya adalah dengan pemakaian body scrub. Oleh sebab itu, sekarang ini kebutuhan akan produk body scrubpun meningkat. Penawaran akan produk body scrub sangat banyak dan menggiurkan dengan berbagai macam merk dan harga yang bervariasi. Ada berbagai kandungan yang terdapat dalam produk body scrub baik bahan kimiawi maupun alami.

Produk body scrub yang terbuat dari bahan alami dapat berasal dari tanaman-tanaman yang memang sengaja ditambahkan pada produk tersebut. Selain itu, dengan adanya bahan tambahan alami dapat menjadi nilai tambah untuk produk body scrub itu sendiri karena aman digunakan. Berkembangnya produk kecantikan dengan bahan alami didorong dengan meluasnya isu-isu kesehatan.

Tentunya sebagai wanita selain mendapatkan kulit lembut, sehat serta aman tanpa efek samping. Melalui eksperimen memperluas pemanfaatan buah oyong selain sebagai bahan makanan juga dapat diolah menjadi body scrub dengan cara yang mudah. Buah oyong yang masih muda dapat dimakan dan biasanya digunakan sebagai sayuran, sedangkan pada tanaman oyong yang telah tua akan tidak enak dan tidak dapat dimakan. Semakin tua, oyong akan berubah semakin kering dan akan terbentuk serat.

Oyong atau gambas yaitu tanaman asli wilayah tropika Asia. Bahasa latin oyong adalah Luffa acutangula. Oyong merupakan tanaman setahun dengan batang yang merambat. Tanaman ini termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitacea. Ciri-ciri tanaman ini yaitu pada daun memiliki tekstur permukaan kasar yang amat mirip dengan daun mentimun, tetapi lebih besar dan bersudut lebih banyak dengan cuping yang beragam. Batangnya bersudut empat atau lima dengan sulur bercabang. Bunga berwarna kuning, berdiameter sekitar 5 cm. Bunga jantan, 5-30 kuntum, berkelompok dalam tandan pada ketiak daun sedangkan bunga betina tumbuh tunggal dan juga terbentuk pada ketiak daun yang sama.

Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan satu kemasan body scrub alami  dari serat oyong yaitu serat oyong kering 10 gram,  minyak kelapa 5 ml, air mineral, dan parfum, sedangkan alat yang digunakan antara lain pisau, blender, pipet, gelas ukur, mangkuk (wadah) dan neraca.

Tahap pembuatan body scrub dari serat oyong yaitu : tahap pertama dilakukan pengupasan kulit oyong yang telah tua dan kering dengan menggunakan alat berupa pisau. Hal ini untuk mendapatkan serat yang bagus. Setelah didapatkan serat oyong potong dadu kemudian akan dilakukan tahap pencucian. Pencucian dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan debu-debu dan kotoran lainnya. Pada saat proses pencucian terdapat lender-lendir sehingga diperlukan proses pencucian yang bersih. Pencucian dilakukan dengan menggunakan sabun. Setelah itu, serat dikeringkan dengan cara dijemur namun tidak terkena dengan matahari secara langsung. Hal ini dilakukan agar serat oyong tetap tampak alami dan bercahaya.

Pada tahap kedua serat oyong yang telah kering masukkan kedalam blender tambahkan air mineral keudian blender hingga serat hancur. Tujuannya untuk mendapatkan serat oyong dengan tekstur yang lebih halus agar tidak melukai kulit. Setelah itu, peras oyong dan angin-anginkan hingga lembab supaya kandungan airnya hilang.

Tahap ketiga, serat oyong dicampur dengan minyak kelapa yang telah dibuat dengan racikan alami pada mangkuk. Selain itu, tambahkan parfum dengan aroma sesuai selera. Serat oyong siap digunakan sebagai  body scrub alami tanpa adanya bahan kimia dan aman bagi berbagai jenis kulit. Dianjurkan digunakan sebelum mandi yaaa. Selamat mencoba!

Budiyanti, S.Pd

Guru SMP Negeri 2 Eromoko