Superioritas Belanda

Belanda vs Inggris Kamis (11/07/2024) pukul 02:00 WIB Live RCTI & Vision+

JATENGPOS.CO.ID, DORTMUND – Timnas Belanda dan Timnas Inggris akan berduel di semifinal Euro 2024 di Signal Iduna Park/BVB Stadion Dortmund, Kamis (11/07/2024) dinihari pukul 02:00 WIB, disiarkan langsung RCTI dan live streaming Vision+ (Sportstars 3 dan 4).

Di fase grup, Belanda gagal menampilkan performa yang konsisten. Setelah menang 2-1 atas Polandia, Belanda imbang 0-0 dengan Prancis, dan kalah 2-3 dari Austria. Namun, Belanda kemudian tampil perkasa di fase gugur. Belanda menghajar Rumania 3-0, lalu menaklukkan Turki 2-1.

Saat menyingkirkan Turki di perempat final, Belanda dipaksa berjuang sangat keras. Tertinggal 0-1 di babak pertama, Belanda bangkit di babak kedua. Belanda menyamakan kedudukan lewat gol Stefan de Vrij dari assist Memphis Depay, dan akhirnya berbalik menang berkat gol bunuh diri Mert Muldur.

Sementara itu, Inggris belum terkalahkan, tapi baru dua kali menang. Di fase grup, Inggris menang 1-0 atas Serbia, kemudian imbang dengan Denmark (1-1) dan Slovenia (0-0).

Di babak 16 besar, Inggris membutuhkan gol injury time Jude Bellingham dan gol extra time Harry Kane untuk memastikan kemenangan 2-1 atas Slovakia. Di perempat final, Inggris bermain imbang 1-1 dengan Swiss, lalu menang adu penalti 5-3. Bukayo Saka tampil cemerlang dalam laga tersebut.

Dari sisi permainan, terutama ketika menyerang, harus diakui kalau Belanda lebih menjanjikan. Sebaliknya, Inggris belum mampu menunjukkan kemampuan optimalnya meski mengusung skuad yang elite ke Jerman.

Inggris juga harus menguras fisik dan mental saat bermain sampai extra time melawan Slovakia, serta hingga adu penalti melawan Swiss. Apakah itu akan berdampak negatif pada performa mereka saat menghadapi Belanda nanti?

Timnas Belanda menjadi satu-satunya semifinalis Euro 2024 yang tidak menyelesaikan pertandingan perempat final (babak 8 besar) melalui extra time atau perpanjangan waktu. Tandukan Stefan de Vrij ditambah gol bunuh diri Mert Müldür memastikan kemenangan comeback Belanda atas Turki, dengan skor 2-1.

Di sisi lain, Timnas Inggris dipaksa berduel hingga adu penalti untuk menyingkirkan tim kuda hitam, Swiss. Kini The Three Lions mengincar kemenangan atas Belanda, sekaligus memastikan back to back ke final Piala Eropa.

Dari sisi head to head, Belanda dan Inggris sempat bertemu dalam 22 pertandingan. Berdasar jumlah kemenangan, Timnas Belanda unggul dengan 7 kemenangan, berbanding Inggris 6 kali menang. Kemudian ada 9 pertandingan lain yang diakhiri hasil imbang.

Satu catatan menarik adalah kedua tim saling mengalahkan saat bertemu di putaran final Piala Eropa. Belanda lebih dulu mengalahkan Inggris, ketika mereka bertemu di fase grup Piala Eropa 1988, di Jerman. Marco van Basten yang mencetak hattrick untuk membawa kemenangan Belanda 3-1 atas Inggris.

Ronald Koeman selaku pelatih Belanda saat ini, tentu masih ingat laga di Düsseldorf ketika itu. Koeman menjadi salah satu pemain yang turut berlaga di pertandingan tersebut. Saat itu Ronald Koeman juga bermain dengan sang kakak, Erwin Koeman. Mereka tampil penuh 90 menit, dalam Timnas Belanda asuhan Rinus Michels.

Pembalasan kemudian dilakukan Timnas Inggris pada 8 tahun kemudian saat bermain di kandang sendiri. Kembali berjumpa di babak grup Euro 1996, Inggris mengalahkan Belanda dengan skor telak 4-1.

Bertemu di Stadion Wembley, 4 gol Inggris dicetak oleh Alan Shearer dan Teddy Sheringham, yang masing-masing membukukan brace. Situasi bakal lebih buruk bagi Belanda, jika saja tidak ada gol hiburan yang dilesakkan Patrick Kluivert menit 78.

Jika Koeman merupakan pilar Belanda saat Euro 1988, maka Gareth Southgate selaku pelatih Inggris saat ini juga turut berperan dalam kemenangan The Three Lions atas Belanda di Euro 1996. Southgate merupakan pemain belakang yang bermain penuh di laga tersebut.

Sementara pertemuan terakhir Belanda vs Inggris terjadi di semifinal UEFA Nations League A 2018/2019. Bermain di Éstadio Dom Afonso Henriques, Guimarães, Portugal, Timnas Belanda kala itu berhasil melangkah ke final dengan mengalahkan Inggris 3-1.

Eksekusi penalti Marcus Rashford sempat membawa Timnas Inggris memimpin, tapi bisa disamakan oleh Matthijs de Ligt. Skor imbang memaksa laga ke extra time. Di fase tersebut, Belanda mencetak tambahan 2 gol via bunuh diri Kyle Walker dan 1 gol Quincy Promes.

Saat ini masih cukup banyak anggota tim di laga tahun 2019, yang masih bermain di semifinal Euro 2024. Dari kubu Timnas Belanda terdapat De Ligt, De Vrij, Memphis Depay, Daley Blind, Denzel Dumfries, Virgil van Dijk, Georginio Wijnaldum, Steven Bergwijn, dan Nathan Aké.

Sedangkan di Timnas Inggris terdapat 7 pemain. Mereka adalah Walker, Jordan Pickford, Declan Rice, John Stones, Harry Kane, Joe Gomez, dan Trent Alexander-Arnold.

Belanda dan Inggris bisa menurunkan skuad terbaik di semifinal Euro 2024. Tidak ada pemain cedera maupun terkena akumulasi kartu kuning di kedua tim, yang membuat laga nanti berpotensi makin menarik.

Kunci permainan Timnas Belanda berpeluang di tangan Cody Gakpo, Xavi Simons, dan Tijjani Reijnders. Di lini belakang, Van Dijk dan De Vrij diperkirakan masih memegang komando bersama Dumfries dan Aké.

Timnas Inggris diuntungkan dengan kembalinya Marc Guéhi. Bek Crystal Palace itu sebelumnya absen di perempat final, akibat akumulasi kartu kuning. Prediksi skor Belanda 1 – 1 Inggris. (ito/riz)

Prediksi Pemain

Belanda (4-2-3-1) : Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Aké; Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders; Jeremie Frimpong, Xavi Simons, Cody Gakpo; Memphis Depay. Pelatih : Ronald Koeman.

Inggris (4-2-3-1) : Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Ezri Konsa, Kieran Trippier; Declan Rice, Kobbie Mainoo; Jude Bellingham, Bukayo Saka, Phil Foden; Harry Kane. Pelatih : Gareth Southgate.