Tahan Imbang Arema Tanpa Gol, Pelatih PSIS Kecewa Mental Pemain

Pemain PSIS Semarang, Flavio Beck Junior duel pemain Arema FC dalam laga berlangsung, Senin 17 Januari 2022 malam. FOTO:DOK.PSIS

JATENGPOS.CO.ID, BALI– PSIS Semarang berhasil meraih poin meski tidak gemilang dalam laga melawan Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2021. Laga berjalan sengit, namun hasil akhir imbang tanpa gol alias skor kacamata 0-0.

PSIS vs Arema berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (17/1/2022) malam WIB. Kondisi menggelisahkan dirasa kubu Mahesa Jenar, pasalnya Singo Edan tampil tanpa diperkuat satu pun pemain asing.

Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic, menilai hasil imbang merupakan masalah yang perlu dibenahi. Jonathan Cantillana dkk yang belum memiliki watak kuat dalam meraih kemenangan.

“Mentalitas pemain masih kurang untuk menang. Kalau percaya diri dengan tim pasti akan menang,” ujar pelatih berusia 52 tahun itu.

Arema FC justru tanpa pemain asing mampu bermain konsisten memberikan perlawanan yang sengit. Jalannya pertandingan berulang kali barisan belakang PSIS terkurung meski tanpa penyelesaian akhir yang baik.

Media officer Arema FC, Sudarmaji, melalui rilisnya, mengatakan tidak ingin membuat spekulasi semakin liar terkait absennya pemain asing Carlos Fortes, Adilson Maringa, Sergio Silva, Rensi Yamaguchi dan hingga bek naturalisasi Fabio Beltrame.

“Pemain asing tidak bertanding karena berhubungan kebijakan mandiri Arema FC terhadap pemain bergejala. Kami sangat patuh dengan regulasi protokol kesehatan, jika ada pemain yang bergejala kami langsung lakukan kebijakan mandiri dengan menempatkan di hotel yang berbeda,” ungkapnya.

Pihaknya melakukan berturut-turut test selama lima hari terakhir. Langkah yang diambil manajemen tindak lanjut dari hasil tes masif yang dilakukan secara berkala.

“Ada pemain yang hasil tesnya samar, sehingga dilakukan tes berulang ulang selama lima hari berturut turut, kita patuh pada regulasi prokes pada kompetisi ini,” jelasnya.

Sepanjang pertandingan kedua tim terlihat saling serang dan mencatatkan peluang. Pemain PSIS Septian David Maulana mengancam Arema FC di menit kedua. Meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Teguh Amiruddin, Septian gagal melesakkan gol.

Semenit berselang, Arema FC mengancam lewat Kushedya Hari Yudo. Striker Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 itu mampu melewati beberapa pemain lawan sebelum melepaskan tembakan, namun tak berbuah gol setelah bola melenceng dari target.

Kushedya Hari Yudo kembali buang peluang di menit ke-10. Bola tembakannya setelah menerima umpan terobosan masih menyamping dari sisi gawang.

PSIS mengancam di menit ke-37 lewat tembakan dari luar kotak penalti. Bola tembakan Jonathan Cantillana belum berbuah gol setelah dimentahkan kiper Arema FC.

Penyelesaian akhirnya menjadi maslah kedua tim, hingga pertandingan berakhir sama-sama puas berbagi skor 0-0. (muz)