Tahu Sama Tahu

Napoli vs Liverpool

indosport.com

JATENGPOS.CO.ID,  NAPOLI – Napoli akan menjamu Liverpool di Stadio Diego Armando Maradona dalam laga Grup A Liga Champions, Kamis (08/09/2022) dini hari pukul 02:00 WIB, disiarkan secara live streaming Vidio.com. Kedua tim memiliki sedikit nasib berbeda di awal musim ini. Jika Napoli berada dalam tren positif, sebaliknya, Liverpool sedang di posisi kurang bagus.

Napoli percaya diri menatap laga kontra runner-up Liga Champions musim lalu ini. Napoli punya modal cukup bagus. Pasukan Luciano Spalletti belum terkalahkan di Serie A Italia musim ini (M3 S2 K1). Terakhir, Napoli juga menang 2-1 atas tuan rumah Lazio. Sempat tertinggal di menit 4, I Partenopei berbalik menang lewat gol-gol Kim Min-Jae menit 38 dan Khvicha Kvaratskhelia menit 61.

Di lain pihak, Liverpool baru meraih dua kemenangan di Premier League Inggris (M2 S3 K1). Terakhir, Liverpool gagal menang. Melawat ke markas sang rival sekota Everton, anak-anak asuh Jurgen Klopp sejatinya menciptakan cukup banyak peluang, tetapi Darwin Nunez, Mohamed Salah, Fabinho, hingga Roberto Firmino gagal mencetak gol. Mereka akhirnya harus puas dengan hasil imbang 0-0.

Setelah membantai Bournemouth 9-0, kemudian bersusah payah menang 2-1 atas Newcastle, The Reds tertahan di Goodison Park. Liverpool terakhir kali bertemu Napoli adalah di fase grup Liga Champions 2019/20. Waktu itu, Liverpool kalah 0-2 di Italia, kemudian hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 di Anfield.

Tim besutan Luciano Spalletti juga terbilang subur dalam urusan mencetak gol. Terbukti, mereka mampu menggelontorkan 12 gol dari lima laga di Serie A. Torehan tersebut menggambarkan jika Napoli sedang dalam performa menanjak. Partenopei tidak ingin catatan ciamiknya itu tercoreng saat melawan Liverpool.

Spalletti optimistis Napoli bisa meraih hasil bagus di kompetisi Eropa ini. Dia yakin jika para pemainnya akan menunjukkan penampilan terbaik.

“Kami memiliki keyakinan bagus untuk menghadapi klub-klub tingkat internasional. Kami harus menunjukkan kepribadian untuk dapat memanfaatkan peluang melawan semua tim,” tutur Spalletti.

Di lain pihak, Liverpool datang dengan kondisi kurang baik. Si Merah baru saja ditahan imbang Everton 0-0 di laga bertajuk Derby Merseyside akhir pekan lalu. Hasil imbang itu juga membuat catatan dua kemenangan beruntun Liverpool harus kandas.

Liverpool tidak ingin perjalanan jauhnya ke Napoli berakhir sia-sia. Tim asuhan Jurgen Kloop memiliki misi menyabet kemenangan di laga nanti.Hal tersebut disampaikan langsung sang kiper, Alisson Becker. Ia menegaskan jika Liverpool akan mengincar tiga poin di Stadio Diego Armando Maradona.

“Kami benar-benar fokus untuk mendapatkan kembali kemenangan. Tidak selalu Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Tetapi Anda harus berjuang untuk itu, harus memiliki konsistensi dalam penampilan, dan kami menuju ke sana,” ujar Alisson Becker. Kiper asal Brasil itu.

Terakhir kali Liverpool bertandang ke markas Napoli adalah pada 2019 di babak grup Liga Champions. Saat itu The Reds harus mengakui kemenangan tuan rumah dua gol tanpa balas. Di laga kedua yang berlangsung di Anfield, Liverpool kembali gagal menang. Kali ini mereka ditahan imbang Napoli dengn skor 1-1.

Napoli telah mengalami rasa sakit dari dua kali berturut-turut tersingkir di babak 32 besar Liga Europa dalam dua musim terakhir – kalah dari pasangan Spanyol Granada dan Barcelona – tetapi delapan pertandingan tak terkalahkan di kandang sendiri di Liga Champions sejak November 2017 membuat tim Spalletti dalam posisi yang baik.

Satu catatan buruk dari kesuksesan akhir pekan Napoli atas Lazio adalah cedera yang mengkhawatirkan pada Hirving Lozano, yang ditarik keluar setelah bentrok kepala dengan Adam Marusic di akhir babak pertama, tetapi pemindaian tidak mengungkapkan adanya patah tulang wajah.

Namun, penyerang Meksiko pasti akan terhindar minggu ini karena Matteo Politano bersiap untuk menggantikan Kvaratskhelia dan Victor Osimhen di sepertiga akhir, tetapi Giacomo Raspadori yang sedang naik daun adalah pilihan lain untuk Spalletti.

Lozano bergabung di ruang perawatan oleh Diego Demme, yang membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk pulih sepenuhnya dari patah kaki, tetapi Spalletti memiliki persediaan yang baik untuk kontes saat pemain berusia 63 tahun itu bersiap untuk kampanye Liga Champions lainnya dengan tim keempat – dia sebelumnya memimpin Roma, Zenit St Petersburg dan Inter Milan ke dalam pertempuran di tingkat atas.

Sementara itu, krisis lini tengah Liverpool memburuk lagi di akhir pekan, karena Fabio Carvalho harus ditarik keluar dengan kaki mati di babak pertama, dan masih harus dilihat seberapa cepat masalah pemain berusia 20 tahun itu akan selesai.

Klopp sudah tanpa Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain dan Jordan Henderson, tetapi Thiago Alcantara diperkirakan akan kembali berlatih awal pekan ini dan mungkin bisa melamar tempat di skuad perjalanan. Dengan Klopp yakin untuk mendesak kehati-hatian atas pemain Spanyol yang dilanda cedera, pemain pinjaman Juventus Arthur bisa masuk untuk debutnya di Napoli.

Pada matchday 2 pekan depan, Liverpool akan menjamu Ajax Amsterdam. Sementara itu, Napoli akan bertandang ke Skotlandia untuk menghadapi Rangers. Prediksi skor Napoli 2 – 1 Liverpool. (bol/riz)