Tasyakuran Pelantikan Ita Menjadi Wali Kota Semarang, Pemkot Gelar Pesta Rakyat

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG  – Sebagai wujud rasa syukur atas pelantikan Pelaksana tugas atau Plt. Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menjadi wali kota Semarang, Senin (30/1) sore Pemerintah Kota Semarang menggelar tasyakuran di halaman Balaikota.

“Kami mendapatkan amanah dari masyarakat yang tentu kami ingin juga berbagi. Kami melakukan kegiatan pesta rakyat jadi kita bisa bersama-sama menikmati. Yang makanan-makanan ini kami mengundang pelaku UMKM atau PKL. Jadi semua makanannya adalah dari masyarakat (dan kembali untuk masyarakat),” ungkap Ita, sapaan akrab Plt. Wali kota Semarang usai menghadiri gladi bersih pelantikan Minggu (29/1).

Tak hanya pesta rakyat, Pemkot Semarang juga mengadakan pembagian sembako. Sedikitnya 1.000 paket sembako telah disiapkan untuk anak yatim-piatu, tenaga kebersihan, dan warga kurang mampu.

“Saya kemarin bilang, mohon yang akan memberikan karangan bunga untuk dibatasi saja dan diganti dengan sembako. Secara simbolis akan diserahkan 10 paket dan sisanya dibagi di masing-masing kecamatan,” terang Ita.

Seperti diketahui bahwa Ita akan resmi dilantik sebagai Wali kota Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Senin (30/1). Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri juga dikabarkan menghadiri pelantikan Ita tersebut. Dirinya akan melanjutkan sisa masa jabatan tahun 2021 – 2026 menggantikan wali kota sebelumnya, Hendrar Prihadi yang ditunjuk menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) per Oktober 2022.

“Pelantikan In syaa Allah akan dilaksanakan Senin tanggal 30 Januari 2023 sekitar pukul 11.30 WIB di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Ibu Megawati juga rencananya nanti rawuh di sana,” lanjut Ita.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan wali kota Semarang, Pemkot Semarang juga telah menyiapkan agenda Nobar (nonton bareng) prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan walikota Semarang di tiga tempat secara serentak yakni di halaman Gedung Gradhika Bakti Praja, halaman Balaikota, dan Gedung Moch. Ichsan lantai 8.

Acara pelantikan juga akan dimeriahkan parade umbul-umbul, tonggak warak, hingga Prajurit Tirang putriputri. “Nanti di Balaikota akan ada 20 orang penari perwakilan dari berbagai etnis. Dari Tionghoa, Arab, Jawa, dan lain-lain. Kemudian diiringi oleh musik rebana dan gambang Semarangan. Ini sebagai penggambaran karakter masyarakat Kota Semarang yang multi etnis yang saling bersinergi dan berkolaborasi dengan rukun, guyub, kompak,” pungkas Ita. (sgt)