Tekankan PeKA, Bank Indonesia Prioritas Lindungi Konsumen

LINDUNGI KONSUMEN- Bank Indonesia terus menekankan prinsip PeKA, yakni Peduli, Kenali dan Adukan dalam hal perlindungan konsumen. FOTO : BANK INDONESIA/VIDEO CAPTURE

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Bank Indonesia terus menekankan prinsip PeKA, yakni Peduli, Kenali dan Adukan dalam hal perlindungan konsumen.

Peduli dalam hal ini adalah bagaimana konsumen peduli mengenai manfaat, risiko dan keamanan transaksi pembayaran.

Lalu Kenali, bagaimana konsumen mengenali penyelenggara atau regulator serta memastikan bertransaksi pada layanan resmi penyelenggara.


Selanjutnya Adukan yang berarti bila terjadi persoalan bisa mengadukan ke Penyelenggara dan bank Indonesia untuk menemukan solusi terbaik.

Salah satu permasalahan yang tanpa disadari konsumen adalah membagikan data pribadi yang justru bisa disalahgunakan oleh oknum untuk melakukan transaksi keuangan di platform apapun.

Ya tentu saja ini juga tak terkecuali untuk platform pinjaman online (pinjol). Salah satu metode yang dipakai ini adalah phising untuk mengelabuhi calon korban.
Kita perlu melakukan beberapa hal untuk menghindari phising ini sehingga bisa menekan terjadinya penyalahgunaan data pribadi.

Baca juga:  PGN - Agung Sedayu Grup Kerjasama Pemanfaatan Gas Bumi

Beberapa cara diantaranya ini bisa dengan selalu memeriksa keamanan gawai yang kita miliki.

Ini penting karena data di dalam ponsell bisa diretas dengan kejahatan phising.
Dengan mengecek riwayat penggunaan aplikasi serta terdeteksi file mencurigakan bisa secepatnya dihapus.

Langkah lainnya dengan menyimpan informasi login yang kadang tidak kita sadari meninggalkannya di sembarang tempat termasuk di computer kantor atau juga di ponsel orang lain.

Pastikan juga jangan sembarang mengikuti perintah email atau pesan singkat yang mencurigakan.

Dan tentu saja selalu rutin mengganti password yang digunakan ya tapi jangan sampai memakai tanggal lahir kita yang mudah ditebak karena data pribadi yang sudah tersebar.

Baca juga:  PLN Lakukan Pemeliharaan Rutin

Apapun itu iming-iming hadiah jangan sampai membuat kita lengah karena dari situlah oknum mengorek data kita untuk disalahgunakan.

Terakhir, tak ada salahnya menggunakan aplikasi pelindung phising supaya gadget kita terhindar dari ancaman penipuan tadi.

Simak…. Berikut ini cara menjaga
Kebersihan digital kamu :

1. Hindari mengumbar informasi pribadi di media sosial, seperti tanggal lahir, alamat dan juga nomor telepon.

2. Gunakan password yang kuat dan rutin mengubah password.

3. Jangan simpan informasi sensitif, seperti PIN dan Password di HP.

4. Hindari menggunakan wi-fi publik.

5. Hindari mengunduh aplikasi di luar App Store atau Play Store.

6. Selalu perbarui versi perangkat dan aplikasi. Dengan menjaga kebersihan digital, maka aktivitas digital akan lebih nyaman dan aman.(*)

Baca juga:  Tarif Listrik Golongan Rendah Turun Mulai Hari Ini

 

 

Reporter:
Aning Karindra A