Telkomsel Luncurkan Inisiatif ‘Telkomsel Jaga Cita’

Ekosistem Digital untuk Pendidikan

- TELKOMSEL JAGA CITA- (kiri ke kanan) VP Consumer Business Area Jawa Bali Telkomsel, Suryo Hadiyanto; CFO INDICO, Andry Firdiansyah; dan CEO Kuncie, Kemas M. Fadhli; hadir dalam peluncuran inisiatif Telkomsel Jaga Cita, di Yogyakarta, Kamis (7/11/2024). FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, YOGYAKARTA – Telkomsel meluncurkan insisiatif ‘Telkomsel Jaga Cita’ di Yogyakarta, Kamis (7/11/2024). Program ini merupakan wujud dukungan Telkomsel bagi ekosistem pendidikan di Indonesia, melalui digitalisasi.

VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono mengatakan, produk dan program Telkomsel yang mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia dalam inisiatif ‘Telkomsel Jaga Cita’ meliputi Ilmupedia (ilmupedia.co.id), Skul.id (skul.id), Kuncie (kuncie.com), Internet BAIK (internetbaik.id), dan by.U (byu.id).

Ilmupedia (Ilmupedia.co.id)
Sebagai bagian dari ekosistem Telkomsel Jaga Cita, Ilmupedia hadir untuk mendukung akses pendidikan yang merata dan berkualitas di Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai kelas online tanpa biaya yang mencakup materi pengembangan diri, persiapan sekolah, hingga bimbingan belajar, bekerja sama dengan mitra edutech.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2020, kompetisi cerdas cermat Ilmupedia Berani Jawab telah berhasil menarik 18.200 peserta dari kalangan pelajar SMA di 2.000 sekolah yang tersebar di lebih dari 300 kota. Pada season ke-4, Ilmupedia Berani Jawab kembali sukses menjangkau 11.200 peserta dari pelajar SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah (MA), dengan partisipasi dari 550 sekolah di lebih dari 200 kota.


Baca juga:  Pensiunan Dosen Raih Hadiah Mobil Telkomsel

Skul.id (skul.id)
Sejak 2021, Skul.id telah menyediakan akses gratis yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia yang menggunakan jaringan Telkomsel atau by.U. Platform Skul.id dirancang agar mudah digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan, melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, hingga komputer, dan dapat diakses di mana saja.

Skul.id berperan sebagai solusi digital untuk manajemen pendidikan, membantu pengaturan proses belajar mengajar dan administrasi, mulai dari absensi, penilaian, hingga e-rapor. Platform ini mempermudah seluruh penggunanya dalam menjalankan proses pembelajaran, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Kuncie (kuncie.com)
Platform Kuncie berperan menjadi penyedia solusi pembelajaran online, hybrid, dan offline yang ditujukan bagi para profesional dan talenta muda dalam memanfaatkan teknologi digital. Menyesuaikan dengan kebutuhan industri terkini, Kuncie berkomitmen untuk menyusun kurikulum berkualitas tinggi yang terus diperbarui, guna memberikan pendidikan yang relevan dan bermutu.

Baca juga:  Lewat AIWW, Pemerintah Rancang Tindakan Penyelesaian Masalah Air di Asia

Para mentor, instruktur, dan mitra Kuncie adalah praktisi berpengalaman di bidangnya, siap mendukung talenta muda dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang aplikatif di berbagai sektor industri profesional.

Internet BAIK (internetbaik.id)
Program Internet BAIK mendorong generasi muda untuk menggunakan internet secara produktif melalui workshop, pelatihan langsung, dan bootcamp yang mengasah keterampilan digital. Program ini mengajak para peserta berkontribusi dalam membangun ekosistem dan ruang digital yang sehat serta menjadi agen perubahan di dunia digital.

Selama delapan tahun, Internet BAIK telah memperkuat literasi digital dan kreativitas di Indonesia dengan menghasilkan 189 bahan ajar digital, 1.100 konten kreatif, dan 165 prototipe aplikasi mobile. Program ini telah menjangkau lebih dari 20 ribu pelajar dan 9 ribu guru, orang tua, serta komunitas di 240 kota/kabupaten.

Baca juga:  XL Siapkan Mahasiswa Adaptasi dengan Trend Industri 4.0

by.U (byu.id)
by.U adalah produk seluler yang dirancang khusus untuk mendukung generasi muda Indonesia tetap terhubung, terutama melalui layanan pendidikan digital seperti Ilmupedia dan Skul.id. Inisiatif ini menciptakan ekosistem pembelajaran berkelanjutan yang mendorong transformasi pendidikan digital yang inklusif dan kompetitif.

Kehadiran by.U, kartu serba digital yang memenuhi kebutuhan Gen-Z turut berperan dalam memperkuat integrasi ekosistem Telkomsel Jaga Cita. Dengan beragam benefit, konsep unik dan menarik yang ditawarkan, pelanggan by.U dapat bebas memilih jenis kuota internet yang bervariasi.

Sebagai layanan seluler prabayar yang sepenuhnya dapat disesuaikan, by.U memenuhi kebutuhan digital anak muda yang mengutamakan konektivitas tanpa batas. Dengan slogan #SemuanyaSesuaiKeinginanmu, by.U hadir sebagai merek yang mendukung generasi muda dalam mengekspresikan diri dan mencapai potensi terbaik mereka.(aln)