Temui Warga Korban Banjir, PKB Dorong Percepatan Bantuan Rehab Rumah

BANTUAN : Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah H Sukirman menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di beberapa titik di Kota Semarang, Minggu (1/1). Foto : ist/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah mendorong agar pemerintah melakukan percepatan Bantuan Rehab Rumah bagi warga yang rentan terdampak banjir.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah H Sukirman usai bertemu warga terdampak banjir di beberapa titik di Kota Semarang, Minggu (1/1). “Memang patut disesalkan, ada satu RT di Wonosari Ngaliyan, banyak rumahnya tidak layak huni, tapi tidak pernah mendapat bantuan sosial apapun. Padahal Ketua RT-nya sudah lapor ke kelurahan, Lurahnya nggak nengok warganya,” kisahnya.

Wakil Ketua DPRD Jateng didampingi Sekretaris DPC Kota Semarang Rama Juan mendatangi langsung titik banjir di Tugu, Ngaliyan, dan Mangkang. Rombongan PKB menyerahkan sejumlah bantuan berupa beras, mie instan, kaos, dan nasi bungkus.

Sukirman meminta agar pemerintah secepatnya melakukan data ulang warga miskin, apalagi yang terdampak banjir. Dia juga menyesalkan banyak perusahaan dan pabrik di sekitar lingkungan terdampak banjir, tetapi tidak membantu apa-apa. “Kita akan minta Gubernur maupun Wali Kota Semarang untuk menegur bos pabrik atau perusahaan itu. Apalagi setelah kita cek tidak banyak juga menyerap tenaga kerja dari warga sekitar,” tandasnya

Anggota DPRD Kota Semarang Rama Juan mengaku telah menurunkan pompa penyedot air untuk mempercepat genangan air yang masuk ke rumah warga.

Pada saat yang bersamaan, Anggota FPKB DPRD Jateng Tazkiyatul Mutmainah dan Anggota FPKB DPRD Kota Semarang Muh Sodri, juga meninjau ke titik banjir yang lain yaitu di Genuk dan Gayamsari.

Di daerah seperti Pekalongan, Pati, dan Demak, PKB juga melakukan solidaritas bersama-sama dengan memberikan sejumlah bantuan kebutuhan pokok kepada para pengungsi. (rit)