Terapkan #Cari_Aman Berkendara dengan Perawatan Motor Berkala

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sumber penggerak utama kendaraan adalah mesin. Energi kimia yang terkandung di bahan bakar dan dibantu sistem pembakaran didalam mesin dirubah menjadi energi mekanis. Energi mekanis berupa putaran di poros engkol yang nantinya disalurkan ke roda melalui beberapa komponen seperti sistem kopling, gir transmisi, perangkat matik atau cvt, rantai atau belt.

Proses didalam mesin wajib ada pelumas yang berfungsi melumasi komponen mesin yang bergerak agar mengurangi gesekan, menyerap panas sekaligus menjaga suhu komponen tidak panas berlebih, menghindari pengendapan dan membantu membersihkan kotoran atau deposit sisa pembakaran atau keausan komponen agar terperangkap di filter oli dan melindungi komponen logam dari karat.

Kegagalan fungsi utama pelumasan bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah keselamatan dalam berkendara. Mesin adalah komponen utama yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan roda. Mesin bertugas untuk menyediakan energi untuk akselerasi dan deselerasi (memperlambat kecepatan) dengan responsif, lancar dan halus.

Hal ini penting untuk keselamatan berkendara, terutama saat harus mendahului atau menghindari rintangan. Mesin membantu menjaga kecepatan kendaraan agar tetap stabil, terutama di jalan tanjakan atau saat melawan angin kencang. Kegagalan pelumasan dapat menyebabkan pengendara kesulitan mengendalikan motor dan meningkatkan resiko kecelakaan.

Oke Desiyanto selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng menjelaskan bahwa mesin yang terawat dengan baik dan bekerja dengan optimal sangat penting untuk menunjang keselamatan saat berkendara.

“Bila tidak memahami terkait dengan perawatan mesin berkala, konsumen tidak perlu khawatir. Konsumen bisa mendatangi bengkel resmi Honda yaitu AHASS Jateng yang siap memberikan pelayanan terbaik dengan didukung mekanik ahli dan sparepart asli,” saran Oke.