The Blues Bangkit

Fulham vs Chelsea Jumat (13/01/2023) pukul 03:00 WIB Live SCTV & Vidio.com

JATENGPOS.CO.ID, LONDON – Manajemen Chelsea bisa saja memecat sang pelatih bila kondisi klub tak kunjung membaik. Ujian pertama Graham Potter diyakini saat Chelsea bertandang ke Craven Cottage Stadium untuk menghadapi Fulham pada laga tunda pekan ketujuh, Jumat (13/1/2023) dini hari pukul 03:00 WIB, disiarkan langsung SCTV dan live streaming Vidio.com. The Blues wajib menang untuk membangkitkan mental usai 2 kali menelan kekalahan dari Manchester City.

Pada laga Derby London ini jadi kesempatan buat Chelsea kembali ke jalur kemenangan. Laga melawan Fulham juga bisa dijadikan Potter sebagai titik balik kebangkitan Chelsea. Graham Potter sendiri masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2027 di Chelsea. Namun, penampilan buruk yang berlarut-larut tak memberikan jaminan akan masa kontraknya.

Graham Potter menukangi Chelsea sejak pertengahan September 2022. Sejauh ini, manajer asal Inggris itu telah memimpin 18 pertandingan Chelsea pada berbagai ajang. Sayangnya, catatan minor Graham Potter lebih besar dari kemenangan yang diberikannya.

Chelsea menelan enam kekalahan, empat kali imbang, dan delapan kali menang bersama Potter. Chelsea juga kebobolan 19 kali bersama manajer Graham Potter. Adapun catatan golnya hanya 22 kali dari 18 pertandingan.

Manajer Graham Potter sadar situasinya di Chelsea sedang tidak baik-baik saja. Potter memahami rasa frustrasi yang saat ini dialami para suporter.

Namun, Potter enggan menyerah dengan situasi yang dialaminya saat ini. Menurut dia, ini merupakan dinamika dari pekerjaannya sebagai manajer klub besar. “Kami memahami rasa frustrasi suporter dan menghormati mereka. Selalu ada pendapat lain, negatif, dan kritik karena hasilnya belum positif. Ini bagian dari pekerjaan dan tantangannya,” tegas Potter.

Kekalahan berturut-turut itu menjadi pekerjaan rumah Pelatih Chelsea Graham Potter dalam membangkitkan mental para pemainnya. Pasalnya, dari tujuh laga yang sudah dijalani, Chelsea hanya meraih satu kemenangan, satu seri dan lima kekalahan.

Bahkan, dalam tiga laga terakhirnya tanpa kemenangan, Chelsea sudah kebobolan enam gol dan hanya bisa mencetak satu gol. Di papan klasemen, Chelsea harus puas berada di peringkat 10 dengan 25 poin. Sementara Fulham berada di peringkat 7 dengan torehan 27 poin.

Namun, dalam tujuh pertemuan terakhirnya, Chelsea tidak pernah gagal mengalahkan Fulham. Namun, dengan kondisi dan rentetan hasil buruk membuat Chelsea cemas. Sepertinya laga tersebut tidak akan mudah bagi The Blues.

Mereka juga memiliki banyak masalah dengan cedera, Raheem Sterling ditambahkan ke daftar pemain yang absen setelah pertandingan liga pekan lalu melawan The Citizens. Chelsea memegang posisi ke-10 di tabel Liga Premier dan sebenarnya berada tiga poin di bawah Fulham yang berada di posisi ke-7 menuju pertandingan ini.


Sementara sang tuan rumah Fulham telah merayakan kemenangan keempat berturut-turut di semua kompetisi pada Sabtu sore, mengalahkan Hull City 0-2 di Stadion MKM di putaran ketiga Piala FA.

Marco Silva mengistirahatkan bintang utamanya Aleksandar Mitrovic pada kesempatan itu. Dalam ketidakhadirannya, gol tercipta dari Layvin Kurzawa dan Dan James. Berbicara tentang Mitrovic, dia mendapat kartu kuning kelima musim ini minggu lalu melawan Leicester dan karenanya diskors untuk pertandingan liga melawan The Blues.

Namun demikian, Fulham hanya mencetak satu gol dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi dan mereka akan memiliki sesuatu untuk diharapkan di sini melawan Chelsea yang sedang tidak bagus bahkan tanpa Mitrovic di skuad.

Chelsea telah menjadi kekuatan dominan dalam sejarah head to head baru-baru ini saat mereka mengalahkan Fulham di masing-masing dari tujuh pertemuan sebelumnya. Fulham hanya mengantongi dua gol dalam delapan pertemuan sebelumnya dengan The Blues. Hanya satu dari tiga pertemuan terakhir antara rival ini yang menghasilkan tiga gol atau lebih.

Menit ke-78 kemenangan Fulham atas Leicester pekan lalu adalah salah satu yang ingin dilupakan oleh pendukung Cottagers, karena striker bintang Aleksandar Mitrovic mendapat kartu kuning kelimanya musim ini – membuatnya absen dari kunjungan Chelsea melalui skorsing.

Namun, Marco Silva tidak memiliki kekhawatiran baru untuk mengatasi derby London, di mana Neeskens Kebano akan tetap absen karena cedera Achilles, tetapi Shane Duffy akan berharap untuk kembali setelah sakit.

Sementara itu, Manor Solomon tampil untuk kedua kalinya dalam warna Fulham sejak bergabung dari Shakhtar Donetsk melawan Hull dan akan meminta peran yang lebih aktif dalam game ini. Namun, prospek Solomon untuk menjadi starter sangat kecil, karena Silva memperkenalkan kembali Willian ke sepertiga akhir bersama wakil Mitrovic, Carlos Vinicius.

Sebaliknya, daftar cedera Chelsea kembali mencapai dua digit, dengan tidak ada Edouard Mendy, N’Golo Kante, Reece James, Armando Broja atau Wesley Fofana yang siap untuk kembali dari masalah mereka dulu.

Christian Pulisic dan Raheem Sterling juga absen karena masalah yang mereka hadapi melawan Man City, belum lama ini – yang pertama akan absen selama beberapa minggu – dan masih harus dilihat apakah Ben Chilwell, Ruben Loftus-Cheek atau Pierre -Emerick Aubameyang bisa kembali untuk derby.

Dengan pilihan Graham Potter yang sangat terbatas, duo David Datro Fofana dan Benoit Badiashile bisa merasa percaya diri untuk mendapatkan debut Premier League mereka, meski kemungkinan besar sebagai pemain pengganti.

Thiago Silva, Cesar Azpilicueta, Marc Cucurella dan Denis Zakaria termasuk di antara mereka yang akan kembali ke starting XI setelah dicadangkan di Etihad Stadium.

Sifat muda dari lini belakang Chelsea di Etihad harus diperhitungkan di sini, dan bahkan dengan banyaknya cedera dan masalah kepercayaan diri, tim asuhan Potter masih memberi satu atau dua ancaman bagi Man City dalam aksi papan atas. Prediksi skor Fulham 1 – 1 Chelsea. (bol/riz)

Prediksi Pemain
Fulham (4-2-3-1) : Bernd Leno; Antonee Robinson, Tim Ream, Issa Diop, Kenny Tete; Joao Palhinha, Horrison Reed; Willian, Andreas Pereira, Bobby Cordova-Reid; Carlos Vinicius. Pelatih : Marco Silva.

Chelsea (4-3-3) : Kepa Arrizabalaga; Marc Cucurella, Thiago Silva, Kalidou Koulibaly, Cesar Azpilicueta; Denis Zakaria, Jorginho, Mateo Kovacic; Mason Mount, Kai Havertz, Hakim Ziyech. Pelatih : Graham Potter.