Tiga Pemain Timnas Absen

JATENGPOS.CO.ID,  JAKARTA – Tiga pemain absen membela Timnas Indonesia menghadapi Vietnam. Mereka adalah Jordi Amat, Yance Sayuri, dan Elkan Baggott. Ketiga pemain itu absen karena cedera. Hal ini dikonfirmasi PSSI melalui laman resminya, Senin (18/03/2024).

Dengan begitu, Skuad Timnas Indonesia beranggotakan 26 pemain saat ini. Ini setelah Arkhan Fikri (Arema FC) dipanggil. Nantinya, akan ada tiga pemain yang dicoret sebelum didaftarkan menjadi penggawa Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam.

Timnas Indonesia akan melawan Vietnam, pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, 21 dan 26 Maret 2024 mendatang. Skuad Garuda lebih dahulu menjamu Vietnam di SUGBK, Jakarta, Kamis (21/3). Lima hari kemudian, gantian The Golden Stars menjamu Timnas Indonesia di My Dinh Stadium.

Sementara itu, gelandang Persib Bandung, Marc Klok, enggan mengibarkan bendera putih dalam hal persaingan lini tengah Timnas Indonesia. Klok sebelumnya selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di lini tengah. Ia bermain reguler di Piala AFF 2022.

Kemudian, kini pemain berumur 30 tahun itu kerap duduk di bangku cadangan. Ini seiring kedatangan para pemain keturunan di Timnas Indonesia, sebut saja Ivar Jenner dan Justin Hubner. Pada Piala Asia 2023, Klok hanya turun di beberapa pertandingan. Itupun diturunkan pada menit-menit akhir pertandingan.

Persaingan lini tengah Timnas Indonesia kian memanas dengan nantinya kedatangan Thom Haye di lini tengah. Klok pun menanggapi hal tersebut dengan profesional.

“Pertama ini tidak mudah karena saya sebelumnya selalu main di tim juga punya peran penting. Biasa, karena cuma 11 orang yg main. Pelatih selalu pilih siapa paling bagus bagi dia dan harus terima,” ujar Klok pada acara Media Day Timnas Indonesia di Jakarta, Minggu (17/03/2024).

“Satu hal yang berpengaruh adalah sikap dan perilaku kita dan itu penting ditunjukkan oleh pemain senior seperti saya,” sambungnya.

“Saya harus optimistis, harus bantu di latihan dengan maksimal. Kalau tidak kasih contoh yang bagus, itu buruk buat tim. Kalau ada kesempatan lagi saya akan main saya akan siap, semua pemain tentu pengen main tidak hanya di bench,” ungkap Marc Klok. (bls/riz)