Tim Pengabdian Unnes Optimalisasi Wisata Tendem Paralayang

POTENSI WISATA PARALAYANG: Tim pengabdian masyarakat Unnes mengadakan pengabdian di desa wisata Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. FOTO: DOK/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, WONOSOBO- -Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang (UNNES) terdiri dari dosen dan mahasiswa Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolaharagaan melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Pengabdian dalam rangka optimalisasi wisata tandem paralayang melalui kerjasama tripartit di Site Wisata Tlogo Terbinpotdirga (Teritorial Pembinaan Potensi Dirgantara) Paralayang FASI Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini ditujukan untuk memenuhi harapan mitra khususnya BUMDES Tlogo dalam pengembangan management wisata Tandem Paralayang yang termasuk dalam TerBinPotDirga Pordirga Paralayang FASI Jawa Tengah yang saat ini dirasa masih berjalan sendiri-sendiri dan in-efisien dalam cost pengelolaan Kawasan Wisata.

Tim pengabdian masyarakat Unnes mengadakan pengabdian di desa wisata Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. FOTO: DOK/JATENGPOS

Hal ini dirasa menjadi beban bagi pengelola dan menghadapi keadaan kontraproduktif berupa Layanan wisata dengan biaya tinggi yang memberatkan pengguna layanan, yang berdampak secara langsung yakni; lesu dan sepinya pengunjung.

Sahri, M.Kes., AIFM selaku Ketua Tim Pengabdi Unnes bersama anggota tim pengabdian yang terdiri dari dosen, yakni: Prof. Dr Sugiharto M. S, Nanang Indardi,S.Si., M.Si.Med. Aristiyanto, S.Si., M.Pd.,AIFO dan mahasiswa Unnes yakni; Winda Utami, Siti Mutmainah, Jelita Dinda Paulina beserta Tim Pordirga Paralayang FASI Jawa Tengah melihat kerjasama antara lembaga pada Masyarakat Desa Wisata di Kawasan Wisata Olahraga kedalam Management bersama yang dikenal dengan istilah Tripartit antara Masyarakat Desa Wisata, Perhutani dan Dinas Kepariwisataan menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Masyarakat Desa Wisata atau disebut kerjasama Tripartit.

POTENSI WISATA PARALAYANG: Tim pengabdian masyarakat Unnes mengadakan pengabdian di desa wisata Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. FOTO: DOK/JATENGPOS

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 5 September 2021 ini memiliki target capaian terhadap pemahaman mitra mengenai Tripartit dalam Management Tripartit antara Masyarakat Desa Wisata, Perhutani dan Dinas Kepariwisataan (untuk satu Kawasan Wisata Olahraga), pengetahuan ini nantinya bisa digunakan sebagai bekal dalam upaya pengelolaan Kawasan Wisata Olahraga.

Bentuk kegiatannya adalah pelatihan tentang Strategi Management Tripartit antara Masyarakat Desa Wisata, Perhutani dan Dinas Kepariwisataan di Desa Tlogo Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo, dan usaha ekonomi produktif dalam bentuk Kelompok Usaha Bersama yang didasarkan pada potensi kelompok dan wilayah.

Mohammad Ichsan Ketua BUMDES Tlogo menyambut gembira adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak peningkatan omzet pada mitra yang bergerak pada bidang ekonomi. Meningkatkan pemahaman dan ketrampilan masyarakat serta ada peningkatan ketentraman dan kesehatan masyarakat. (muz/biz)