Tingkatkan Hasil Belajar Berhitung dengan Nyanyian Angka di Kelas 1

Sri Kurniawati, S.Pd. SD

Saat anak-anak mendengar lagu, anak-anak akan selalu menampilkan ekspresi senang/bahagia, mereka pasti akan menirukan lagu yang mereka dengar walaupun mereka tidak hafal lirik lagunya. Menggunakan lagu sebagai media untuk belajar berhitung adalah cara/metode yang baik karena anak dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan dan menggembirakan. Musik adalah bagian dari fitrah kehidupan dan perkembangan jiwa manusia. Menurut (Hidayat, 2003) sejak anak dilahirkan, dia telah memiliki beberapa aspek tertentu dari musik yang menjadi bagian pengalaman alami dari kehidupannya.

Cara yang saya lakukan saat mengajar anak-anak kelas 1 SD Negeri Srondol Wetan 01 belajar berhitung melalui nyanyian angka adalah dengan menyanyikan lagu yang sudah familier dengan mereka dan mereka hafal, contoh seperti lagu : Balonku Ada Lima; Satu-satu Aku Sayang Ibu; dan Satu Ditambah Satu; serta masih banyak lagi lagu-lagu tentang angka yang dapat kita gunakan , kita dapat juga memodifikasi/ mengubah lirik lagu terkenal yang sudah di hafal anak dalam pembelajaran berhitung di kelas 1 SD.

Menggunakan lagu akan menjadi salah satu cara belajar berhitung cepat bagi anak karena biasanya mereka akan lebih mudah menghafal lirik nyanyian/lagu. Selain itu, anak juga biasanya merasa lebih senang dan bersemangat saat mereka diberi kesempatan untuk bernyanyi. Sehingga, dengan menggunakan nyanyian angka, anak akan lebih mudah dalam memahami konsep berhitung.

Tentu saja ada hal-hal penting yang harus kita perhatikan saat kita akan menerapkan belajar berhitung dengan nyanyian angka di kelas 1 SD, yaitu saat kita akan mengubah atau membuat lirik lagu, kita harus memperhatikan beberapa hal antara lain : 1) Syair/lirik tidak terlalu panjang; 2) Mudah dihapal oleh anak; 3) Disesuaikan dengan karakter dan usia anak; 4) Nada yang dikenalkan mudah dimengerti oleh anak.

Menurut (Sholehudin,2016:73) ada beberapa manfaat bagi anak dari kegiatan bernyanyi, yaitu :1) Memberi ketenangan somatik/menghilangkan keluhan fisik. 2)Menumbuhkan rasa humor. 3) Merangsang kemampuan berpikir. 4) Mengembangkan rasa harga diri, 5) Mendukung keberhasilan pelajaran yang lain. 6) Mengatasi kesulitan-kesulitan tertentu yang dialami anak. Jadi di sini dapat disimpulkan bahwa dengan belajar sambil bernyanyi dapat mengurangi rasa cemas, menimbulkan rasa percaya diri, menumbuhkan kreativitas anak serta sebagai salah satu alat untuk mengungkapkan emosi perasaan anak dan menghubungan pembelajaran yang satu dengan pembelajaran yang lainnya.

Mari kita sebagai pendidik selalu dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan dan membahagiakan untuk anak-anak kita di kelas, agar anak –anak mempunyai kesan bahwa belajar itu tidak sulit tetapi mudah dan menyenangkan.

 

Oleh: Sri Kurniawati, S.Pd. SD

Guru: SD Negeri Srondol Wetan 01

Kecamatan Banyumanik,Kota Semarang