Tingkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Gunakan Power Point

Nani Hartanti, S.Pd. Guru SD Negeri 04 Kendalsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

JATENGPOS.CO.ID,  Matematika  merupakan salah satu ilmu yang mempunyai manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan menuntut kita untuk menguasai ilmu matematika. Selain itu ilmu matematika merupakan prasyarat untuk mempelajari ilmu-ilmu eksak lainnya.

Hal itulah yang menjadikan alasan mengapa ilmu matematika diajarkan disegala jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA hingga bahkan di perguruan tinggi. Seperti yang disebutkan di atas matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan, namun dalam kenyataannya sampai sekarang matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit untuk dipahami siswa, matematika masih dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan, terasa sukar dan tidak menarik sehingga siswa kurang termotivasi dalam mempelajari matematika.

            Sri Subarinah (2006:1) menyebutkan bahwa matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada didalamnya. Ini berati bahwa belajar matematika pada hakekatnya adalah belajar konsep, struktur konsep dan mencari hubungan antar konsep dan strukturnya.

Kesulitan yang dialami siswa terhadap matematika dimungkinkan karena konsep-konsep dalam matematika bersifat abstrak, sedangkan anak usia SD menurut Piaget (Sugihartono dkk, 2007:109) berada dalam operasional konkret yang berarti anak dalam usia masa ini masih terkait dengan objek konkret yang dapat ditangkap oleh panca indera.

Untuk itu seorang guru harus memiliki pemikiran kreatif untuk dapat membawa siswa memahami hal yang abstrak itu. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan KD (Kompetensi Dasar) 3.4 menjelaskan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehar-hari, serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan di Kelas 1 SD Negeri 04 Kendalsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang bahwa nilanya  sangatlah rendah.

            Rendahnya nilai tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung di Sekolah Dasar sebagian besar masih menggunakan metode ceramah (konvensional), sehingga siswa kurang bersemangat dalam proses belajar mengajar, kurang mendapatkan kesempatan untuk aktif berpikir, dan menjadikan siswa cenderung merasa cepat bosan.

Beberapa siswa lebih senang bermain dari pada belajar. Guru saat mengajar belum menggunakan media sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Padahal banyak fasilitas media yang disediakan, tetapi guru belum mampu memaksimalkan penggunaan media.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berupaya  menerapkan penggunaan media pembelajaran untuk dapat mengaktifkan siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.

Dalam pelaksanaannya, tujuan belajar yang utama ialah bahwa apa yang dipelajari itu dapat berguna dikemudian hari. Hal ini dapat dilaksanakan dengan cara membantu siswa untuk dapat belajar terus dengan cara yang lebih mudah, sehingga tercipta pembelajaran yang menyenangkan.

            Peran guru sebagai pendidik sangat penting, oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung perhatian (konsentrasi) siswa sudah meningkat menjadi baik. Siswa mampu memperhatikan penjelasan guru dengan baik.Keseriusan siswa selama pembelajaran saat guru  menyampaikan materi pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif adalah media interaktif power point yang telah dikembangkan. Dengan penggunakan media interaktif power point diharapkan lebih memusatkan perhatian siswa, sehingga siswa lebih tertarik pada saat mengikuti pembelajaran.

Media interaktif power point juga dapat membantu siswa mampu menguasai dan menggunakan secara optimal potensi dan kreativitas dirinya. Karena alasan inilah penulis melakukan penelitian mengenai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan dengan menggunakan Media Interaktif Power Point Bagi Siswa Kelas 1 SD Negeri 04 Kendalsari Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.

Nani Hartanti, S.Pd.

Guru SD Negeri 04 Kendalsari

Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang