Tingkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui CRH

KHOZIYAH, S. Pd

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur bagi kemajuan suatu bangsa. Dengan pendidikan, sumber daya manusia dapat dibangun, kecerdasan bangsa dapat ditingkatkan dan kesejahteraan juga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Pendidikan dapat dijadikan sebagai kata kunci yang pokok untuk menilai kemajuan suatu bangsa. Peningkatan mutu pendidikan sekarang terus menjadi perhatian dari beberapa pihak, khususnya pendidikan Sekolah Dasar. Salah satu mata pelajaran yang mendapat perhatian dari berbagai pihak adalah mata pelajaran Matematika. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diikutsertakan dalam Ujian Akhir Nasional. Matematika adalah sebagai suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan berbagai persoalan praktis, yang unsur-unsurnya logika dan intuisi, analisis dan konstruksi, generalitas dan individualitas, dan mempunyai cabang-cabang antara lain aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis (Uno, 2009:109).

Matematika dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sulit, sehingga kurang diminati oleh siswa. Pokok bahasan yang dianggap sulit, kegiatan pembelajaran yang tidak berpusat pada kenyataan. Pada kelas IV SDN 05 bojongnangka Pemalang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam memecahkan soal-soal pecahan. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yaitu model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap kelompok yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak “HOREY”. Course Review Horay adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Dengan model pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat melatih kerja sama dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukan kelompok, pembelajarannya menarik dan mendorong siswa untuk terjun kedalamnya, tidak monoton karena diselingi sedikit hiburan sehingga suasana tidak menegangkan serta siswa lebih semangat belajar karena suasana pembelajaran berlangsung menyenangkan sehingga mampu membantu siswa dalam meraih nilai yang tinggi.

Menurut Widodo (2009: 1) langkah-langkah penerapan metode Course Review Horay dalam pembelajaran adalah sebagai berikut : 1.Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. 2.Guru mendemonstrasikan atau menyajikan materi sesuai topik bahasan yang sedang diajarkan. 3.Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat tempat jawaban. Tempat jawaban disini berbentuk tabel (kotak) yang berisi sembilan tempat, enam belas kotak ataupun dua puluh lima kotak. Banyaknya kotak tempat jawaban disesuaikan dengan kebutuhan dan tiap kotak jawaban diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa. 4.Guru membaca soal secara acak sesuai dengan nomor yang telah disiapkan sebelumnya. Siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru. Soal yang telah dibacakan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x). disini dibutuhkan kejujuran dari siswa yang telah menjawab salah ataupun benar. 5.Siswa yang sudah mendapat tanda (v) secara vertikal atau horizontal, atau diagonal harus segera berteriak horay atau yel-yel lainnya. 6.Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh.7.Penutup pembahasan. Penutup dari pembahasan ini dapat berupa penyimpulan dari guru ataupun disimpulkan sendiri oleh siswa.  

Dari proses pembelajaran dengan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) belajar matematika lebih menyenangkan , sehingga meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami pecahan di kelas IV SDN 05 Bojongnangka kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang.

Oleh: KHOZIYAH, S. Pd

 Guru SDN 05 Bojongnangka Kecamatan Pemalang