Belajar adalah proses dimana seseorang merasakan, mengetahui dan mendapatkan informasi dari apa yang telah mereka lakukan melalui proses dari pengalaman dan mendapatkan inforfmasi yang didapat dari orang lain maupun berbagai sumber-sumber internet serta lingkungan sekitar. Apalagi pelajaran matematika yang dianggap siswa sulit untuk di pahami .Upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan berbagai model, pendekatan metode, tehnik pembelajaran dan media pembelajaran .Seperti halnya bagaimana menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan permainan yang ada sehari – hari. Mungkin belajar matematika dengan permainan lebih mudah di pahami oleh siswa. Selain itu siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.Maka guru harus pandai memilih media pembelajaran yang sesuai untuk materi yang akan disampaikan supaya lebih mudah di pahami.
Media pembelajaran adalah alat pembantu atau sesuatu yang dapat membawa informasi, pengetahuan dan pengalaman baru dalam berinteraksi yang berlangsung antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan peserta didik meliputi benda yang dapat didemonstrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar bergerak, film bersuara, dan mesin belajar (Daryanto, 2016:17). Media juga mempermudah peserta didik untuk memahami materi dan memotivasi serta menimbulkan rasa ingin tahu sehingga peserta didik antusias untuk ikut mempelajari pembelajaran dengan pemanfaatan media tersebut.
Oleh karena itu salah satu media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika materi transalasi pada kelas XI SMAN 3 PATI adalah dengan menggunakan permainan ular tangga yang dapat menimbulkan interaksi antar peserta didik, bekerja sama, dan mentaati peraturan permainan serta ular tangga . Menurut Said dan Budimanjaya (2015: 240) kelebihan permainan ular tangga yaitu dapat menimbulkan pola interaksi aktivitas peserta didik saat memainkan permainan ular tangga dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang akan menyebabkan permainan ular tangga sangat disenangi oleh peserta didik. ular tangga merupakan permainan yang menggunakan dadu, bidak, dan bidang nya yang berbentuk persegi atau persegi panjang yang terdiri dari gambar ular dan tangga, serta kartu pertanyaan yang di rancang secara khusus utuk keperluan pendidikan 2.
Menurut Nur jatmika (2012:104) kelebihan ular tangga yaitu permainan ini melatih kesabaran, mampu membuat berimajinasi dan mampu mengingat peraturan permainan yang diwujudkan dalam langkah permainan, mengasah kemampuan kognitif, melatih kemampuan motorik.
Permainan ular tangga merupakan sebuah media permainan yang bersifat edukatif, produktif, menyenangkan dapat memberi manfaat lebih dalam pembelajaran. Satrianawati (2018:69) mengemukakan bahwa permainan ular tangga memiliki beberapa komponen utama yaitu 2 orang pemain atau lebih, papan permainan yang dibagi dalam kotak-kotak kecil dan dibeberapa kotak digambar sejumlah tangga atau ular yang menghubungkan dengan kotak lain.
Dalam permainan ular tangga terdapat proses pergeseran bidak menuju kearah yang sama. Jadi Translasi ( pergeseran) adalah perpindahan semua titik pada bidang datar dengan jarak dfan arah yang sama.Dengan siswa menggunakan benda – benda nyata yang ada di sekitar siswa lebih mudah memahami materi.
Hasil penerapan media pembelajaran ular tangga menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa setelah diadakan penilaian Hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 PATI mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran ular tangga. hal ini di tunjukkan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa.
Oleh:
Suharminingsih,S.Pd,M.Pd.
Guru SMAN 3 Pati