Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Quizizz,

Reni Wulandari,S.Pd Guru Multimedia, SMK N 1 MIRI, Sragen

Pembelajaran merupakan proses dimana terjadinya interaksi positif antara guru dengan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Tercapainya tujuan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan belajar mengajar. Sehubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran dan pendidikan maka menumbuhkan motivasi belajar siswa menjadi tugas guru yang sangat penting. Pembelajaran akan berlangsung efektif apabila siswa memiliki motivasi dalam belajar. Guru harus berupaya secara maksimal agar siswa termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan, kebutuhan, antusiasme, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan keinginannya sendiri. Menurut (Gunawan, 2018) motivasi memiliki pengaruh terhadap keaktifan siswa untuk mencapai suatu prestasi yang diinginkan. Rata-rata tingkat motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19 yaitu dalam kategori sedang.  Maka dari itu  guru dituntut lebih kreatif, inovatif, tidak menjadi sumber satu-satunya proses pembelajaran (teacher centered), menempatkan siswa tidak hanya sebagai obyek  belajar tetapi  sebagai subyek belajar dan pada akhirnya bermuara pada proses  pembelajaran yang menyenangkan, bergembira, dan demokratis sehingga motivasi belajar siswa meningkat.

Mengingat ada banyak aplikasi yang bisa dipilih oleh masing-masing guru. Salah satunya yang bagus untuk dimanfaatkan adalah aplikasi QuizizzQuizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah. Maka dari itu penulis berusaha untuk memotivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi quizizz pada siswa kelas XI Multimedia di SMK N 1 Miri, Kabupaten Sragen mata pelajaran desain grafis percetakan.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa . Dengan quizizz ini, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta quizizz.

 Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. Quiziz menampilkan analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Guru dapat mengetahui siswa yang menjawab benar atau salah dan siswa yang mendapatkan skor paling tinggi atau rendah.

Pembelajaran  melalui aplikasi quizizz ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mutu pendidikan dapat dicapai dengan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan demikian pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 tidak menjadi hambatan guru dalam menyampaikan materi  pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi  siswa . Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran  dan kuis dengan mudah melalui aplikasi quizizz .

Reni Wulandari,S.Pd

Guru Multimedia, SMK N 1 MIRI, Sragen