Beranda Jateng TNI Harus Netral dan Siap Amankan Pilgub

TNI Harus Netral dan Siap Amankan Pilgub

Pesan Pangdam IV/Diponegoro

213
0716 Demak disambut tarian gambyong. Adhi/jateng pos
0716 Demak disambut tarian gambyong. Adhi/jateng pos

JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Dalam rangka pengamanan terhadap pemilihan gubernur atau pilgub Jateng, Pangdam IV Diponegoro Mayjend Wuryanto datang ke Kodim 0716 Demak. Kedatangan orang nomer satu di jajaran TNI Angkatan Darat di Jateng-DIY tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan pengecekan pengamanan menjelang pilgub.

Pangdam IV Diponegoro Pangdam IV Diponegoro

“Kami minta agar Kodim bisa membantu pengamanan pilgub di wilayahnya masing-masing yaitu dengan membantu pihak kepolisian agar situasi tetap kondusif. Jika sudah demikian tentunya pilgub Jateng bisa berjalan lancer tanpa gangguan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pangdam yang didampingi Dandim  0716 Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menegaskan bahwa anggota TNI harus bisa menjaga netralitas. Karena hal ini merupakan komitmen yang wajib dipegang teguh aparat TNI selaku prajurit.

“Dalam bertugas terutama melakukan pengamanan pilgub, anggota TNI harus netral dan tidak berpihak,” tegasnya. Selain melakukan pengecekan terhadap kesiapan di masing-masing Kodim yang berada dalam wilayahnya, Pangdam juga ingin mengetahui berbagai masalah dan persoalan ditiap Kodim.

“Kami juga ingin mengetahui sejauh mana hambatan atau kendala yang dialami masing-masing Kodim,” imbuh Pangdam. Mayjend Wuryanto mengatakan bahwa TNI juga siap melakukan pengamanan dalam ketahanan pangan.

Sejauh ini menurut Pandam tidak ada persoalan dalam capaian produksi pertanian terkait dengan ketahanan pangan tersebut.  “Sejauh ini target sudah tercapai dengan hasil yang maksimal untuk swasembada pangan,” ujarnya.

Kedepan Pangdam mengharapkan agar petani lebih mandiri selepas adanya pengawalan dari TNI.  (adi/sgt)