Beranda Nasional Toha Ajak Warga Pahami Pancasila Melalui Budaya

Toha Ajak Warga Pahami Pancasila Melalui Budaya

599
KEBANGSAAN : Pertunjukan Wayang Kebangsaan yang digelar anggota DPRRI, Moh Toha di Kepuh Sukoharjo . ade ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Banyak cara yang ditempuh untuk membumikan nilai – nilai Pancasila, salah satunya melalui pertunjukan seni budaya. Seperti yang disajikan pertunjukan wayang kontemporer Wayang Kampung Sebelah dengan dalang Ki Jliteng Suparman.

Acara yang disaksikan ratusan warga Sukoharjo tersebut digelar di kediaman Moh Toha, anggota DPRRI, kampung di Kepuh, Nguter, Sukoharjo, Sabtu (15/6).

“Ngiras pantes kita nguri uri budaya sekaligus menanamkan nilai Pancasila dengan melalui pertunjukan wayang. Kali ini dengan wayang kontemporer Kampung Sebelah dengan dalang Ki Jliteng Suparman. Dengan gaya humor yang khas nilai Pancasila disampaikan agar mudah dipahami,” kata Moh Toha, anggota DPRRI dari Fraksi PKB.

Melalui gaya dialog Wayang Kampung Sebelah yang khas, sang dalang menanamkan nilai nilai Pancasila dan kebangsaan untuk masyarakat. baik itu nilai gotong royong, nilai persatuan, kebersamaan dan cinta NKRI.

Gaya dialog dengan bahasa santai dan diselingi humor mampu membuat warga mudah memahami nilai Pancasila. Terbukti warga yang menyaksikan pertunjukan wayang tersebut cukup antusias, bahkan mereka enggan beranjak sampai pertunjukan selesai.

“Belajar dan memahami demokrasi melalui kisah wayang atau tokoh yang dilakonkan melalui wayang bisa lebih mudah dipahami masyarakat,” imbuh mantan Wakil Bupati Sukoharjo dua periode.
Selain ajang sosialisasi Pancasila, pertunjukan Wayang Kampung Sebelah digelar sekaligus ajang syukuran terpilihnya kembali Moh Toha duduk sebagai legislator di Senayan, atau DPRRI. (dea/bis/rit)